Pelayanan prima customer service jemaah haji dan umrah: studi kasus di PT.Ebad Alrahman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nazila, Rhaisun (2024) Pelayanan prima customer service jemaah haji dan umrah: studi kasus di PT.Ebad Alrahman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rhaisu Nazila_04020420044.pdf

Download (957kB)
[img] Text
Rhaisu Nazila_04020420044_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2028.

Download (951kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan prima yang diterapkan kepada jemaah oleh customer service PT. Ebad AlRahman Wisata Juanda Sidoarjo dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelayanan prima tersebut. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi metode, triangulasi sumber data dan triangulasi teori dan untuk analisis data peneliti menggunakan pendekatan Mils dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Pelayanan prima yang telah diterapkan oleh PT. Ebad Alrahman Wisata Sidoarjo yaitu meliputi memberikan rasa aman, memberikan informasi yang jelas, bersikap sopan santun, pada sikap tersebut sangat penting dalam melayani jemaah atau pelanggan, karena dengan menerapkan hal tersebut akan meningkatkan reputasi perusahaan dan meningkatkan keloyalitasan PT. Ebad Wisata Alrahman Sidoarjo. Customer service Ebad wajib menjelaskan kepada jemaahnya info terkait produk yang dijual, dan memberikan rasa aman tidak hanya dengan mengamankan data-data jemaah tetapi juga memberikan rasa aman dari Tour Leader kepada jemaah pada perjalanan dari pemberangkatan sampai kepulangan jemaah dan menerapkan sikap sopan santun dengan berbicara sopan dengan kata yang mudah dipahami dan menerapkan 3S salam,sapa senyum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nazila, Rhaisunrhaisunnazila5@gmail.com04020420044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram@uinsby.ac.id2014127901
Subjects: Pemasaran
Keywords: Pelayanan prima; customer service; travel haji umrah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Rhaisun Nazila
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:11
Last Modified: 30 Jul 2025 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83226

Actions (login required)

View Item View Item