This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Adelia, Wede Amelsadewi (2025) Dimensi pendidikan akhlak pada novel "Kami (Bukan) Sarjana Kertas" karya JS. Khairen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Wede Amalesadewi Adelia_D71219088.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Wede Amalesadewi Adelia_D71219088_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2028. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel “Kami(Bukan) Sarjana Kertas Karya JS. Khairen”, dengan fokus utama pada tokoh Ogi. Novel ini dipilih karena selain menyuguhkan cerita yang dekat dengan realitas kehidupan mahasiswa, juga menghadirkan problematika yang kompleks seperti krisis identitas, tekanan akademik, kesenjangan sosial, serta persoalan moral. Tokoh Ogi digambarkan sebagai mahasiswa tingkat akhir yang mengalami kehampaan, kehilangan arah, dan jauh dari nilai-nilai spiritual dan sosial. Namun seiring berjalannya waktu, tokoh ini mengalami proses transformasi akhlak melalui pengalaman hidup, interaksi dengan lingkungan sekitar, dan perenungan terhadap kegagalannya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui jenis riset kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi terhadap data yang diperoleh dari narasi dan dialog dalam novel. Fokus utama penelitian adalah pada dimensi pendidikan akhlak Islam yang meliputi hablum minallah (hubungan dengan Allah), hablum minannas (hubungan dengan sesama manusia, baik orang tua, guru, teman, maupun masyarakat), hablum minal ‘alam (hubungan dengan lingkungan), dan akhlak terhadap diri sendiri. Data dianalisis berdasarkan teori pendidikan akhlak serta diperkuat dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis yang relevan sebagai landasan nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Kondisi akhlak tokoh utama Ogi sebelum mengalami proses pendidikan ditandai oleh sikap apatis, kurang tanggung jawab, dan pencarian jati diri yang belum matang. 2. Proses pembentukan akhlaknya terjadi melalui rangkaian peristiwa hidup yang penuh tantangan, refleksi diri, serta bimbingan dari lingkungan sekitar, terutama peran dosen, sahabat, dan pengalaman spiritual. 3. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditemukan dalam novel meliputi: a. Akhlak kepada Allah (ḥablum minallāh), b.Kepada sesama manusia (ḥablum minannās), c. Kepada alam (ḥablum minal 'ālam), serta d. Akhlak terhadap diri sendiri. Dengan demikian, novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas tidak hanya menyajikan kisah yang menghibur, tetapi juga memiliki muatan pendidikan akhlak Islam yang kuat, menjadikannya layak dijadikan sebagai alternatif sumber pembelajaran kontekstual bagi generasi muda dan mahasiswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan - Karakter |
||||||||||||
Keywords: | Pendidikan akhlak; analisis novel; transformasi karakter | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Wede Amelsadewi Adelia | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 05:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 05:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |