Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 2 Mojokerto di tengah pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, Sufiyatul (2024) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 2 Mojokerto di tengah pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sufiyatul Afidah_D97217114.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sufiyatul Afidah_D97217114_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Ratusan negara di dunia saat ini sedang dilanda pandemi covid-19 salah satunya adalah Indonesia. Salah satu cara yang digunakan untuk memutus rantai penyebaran virus corona adalah dengan melakukan pembatasan interaksi dengan masyarakat yang biasa disebut dengan istilah physical Distancing, namun adanya kebijakan physical distancing dapat menghambat pertumbuhan dari segala aspek kehidupan,baik dari aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek pendidikan. Sehingga kegiatan belajar yang biasanya dilaksanakan secara offline atau biasa kita sebut dengan tatap muka kini dialihkan menjadi secara online. Banyak orang tua dari peserta didik yang mengeluhkan semenjak adanya kegiatan belajar mengajar secara online, peserta didik lebih banyak main smartphonenya daripada belajar. Maka peran guru disini sangat diperlukan guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik di tengah pandemi.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 2 Mojokerto di tengah pandemi covid-19?. 2) Apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 2 Mojokerto di tengah pandemi covid-19?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara Subjek penelitian adalah guru kelas dari kelas V-D. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi ketika pembelajaran berlangsung baik secara tatap muka maupaun secara online. Kemudian untuk memastikan peran guru kelas peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas dan beberapa peserta didik dari kelas V-D MIN 2 Mojokerto. Diperoleh kesimpulan,bahwa Peran wali kelas V-D MIN 2 Mojokerto dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 yaitu: guru berperan sebagai pembimbing, memberi nasehat, guru berperan sebagai motivator, guru berperan sebagai fasilitator, guru berperan sebagai perancang, guru berperan sebagai inovator, dan guru menjadi suri tauladan yang baik. Serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh wali kelas V-D MIN 2 Mojokerto dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi Covid-19 yaitu: Keterbatasan dalam pemanfaatan aplikasi pembelajaran, Keterbatasan sumber daya untuk pemanfaatan teknologi pendidikan seperti internet dan kuota, Kurang peran keikutsertaan orang tua dalam pembelajaran daring , kurang maksimal dalam proses belajar mengajar karena keterbatasan waktu, dan pengaruh teman sebaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, SufiyatulSufiyatulafidah7@gmail.comD97217114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthafa, M.Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Subjects: Guru
Motivasi Belajar
Keywords: Peran guru; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sufiyatul afidah
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:24
Last Modified: 28 Jul 2025 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83258

Actions (login required)

View Item View Item