Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'rifatunnisa', Wahidah (2023) Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 16 Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahidah Ma'rifatunnisa'_02040821031.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Wahidah Ma'rifatunnisa'_02040821031_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang dipilih oleh SMP Negeri 16 Gresik. Tujuannya adalah membentuk pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Hal ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menguraikan implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 16 Gresik. (2) menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikannya. (3) menemukan upaya untuk mengatasi hambatan yang ada. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI diawali dengan menganalisis CP, menyusun TP dan ATP, asesmen diagnostik dan menyusun modul ajar berdiferensiasi. Pelaksanaan pembelajaran sesuai alur MERDEKA dengan menggunakan diferensiasi konten, produk, proses dan lingkungan belajar. Sistem Evaluasi menggunakan asesmen formatif dan sumatif. (2) Faktor Penghambat yaitu: a) konsepsi guru PAI menganggap pembelajaran berdiferensiasi sangat merepotkan, b) jawaban asasmen dari peserta didik yang kurang akurat, dan c) sarana lingkungan belajar yang kurang mendukung. Faktor Pendukungnya yaitu: a) Adanya partisipasi aktif dari pihak sekolah, b) dukungan penuh dari peserta didik, c) Guru PAI mampu menyiapkan modul ajar berdiferensiasi, d) aktif menggunakan platform merdeka mengajar serta sistem evaluasi yang terstruktur. (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ada yaitu: a) Sekolah mengadakan workshop penerapan pembelajaran berdiferensiasi, b) Guru aktif mengikuti pelatihan IKM berdiferensiasi d) kolaborasi antar rekan guru MGMP sekolah untuk memaksimalkan pembelajaran berdiferensias, e) melakukan refleksi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'rifatunnisa', Wahidahwahidahnisa74@gmail.com02040821031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorNu'man, MuhammadBuya.numan@yahoo.com2022026901
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Kurikulum merdeka; pembelajaran berdiferensiasi; pendidikan agama Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahidah Ma'rifatunnisa'
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:47
Last Modified: 29 Jul 2025 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83325

Actions (login required)

View Item View Item