This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jariyah, Siska Ainun (2010) EFEKTIFITAS EVALUASI MODEL DISCREPANCY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
BAB I.pdf Download (17kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (389B) |
||
Text
BAB III.pdf Download (389B) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (389B) |
||
Text
BAB V.pdf Download (389B) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menerapkan prinsip evaluasi secara menyeluruh, baik dalam aspek hasil belajar yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, maupun proses secara keseluruhan dari awal pra pembelajaran hingga hasil yang diharapkan.
Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan evaluasi model discrepancy atau evaluasi kesenjangan. Model evaluasi ini merencanakan semua kegiatan pembelajaran dari awal pra pembelajaran sampai hasil yang diharapkan, kemudian mempertimbangkan kesenjangan antara perencanaan dan keadaan nyata dilapangan yang kemudian dianalisis dan hasilnya digunakan untuk pengambilan keputusan dengan pertimbangan baik buruk yang dapat dijadikan acuan untuk perbaikan proses pembelajaran berikutnya agar tujuan yang diharapkan tercapai.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik yaitu purposive sampling atau sampel tujuan. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah metode angket, test, interview, observasi dan dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan uji-t.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat digambarkan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan evaluasi discrepancy pada bab taubat dan raja’ pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sidoarjo baik dan efektif sekali. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat tercapai yaitu sebesar 100%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar maka pembelajaran evaluasi discrepancy termasuk dalam kriteria tuntas.
Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa efektifitas penggunaan evaluasi discrepancy dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan karena t0 lebih besar daripada tt yaitu 2,045,0562,76 jadi dapat dikatakan semakin efektif penggunaan evaluasi discrepancy pada bidang studi Pendidikan Agama Islam semakin baik pula hasil belajar siswa.
Untuk itu, dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMA Negeri 1 Sidoarjo maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa dengan evaluasi yang tepat guna seperti evaluasi discrepancy.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | EVALUASI MODEL DISCREPANCY | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2015 08:08 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8336 |
Actions (login required)
View Item |