This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wahidah, Anita Solihatul (2010) Studi tentang faktor-faktor yang mendorong keberhasilan belajar siswa di SMP Kyai Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Anita Solihatul Wahidah_D01206080.pdf Download (949kB) |
||
|
Text
babi-iii.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
babiv.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
babv.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
babvi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka Anita Solihatul Wahidah_D01206080.pdf Download (89kB) |
Abstract
Setiap orang dalam melakukan aktifitas apapun, tentu ada maksud dan tujuan yang ingin dicapainya. Keberhasilan seseorang dalam meraih tujuan yang dicita-citakan, merupakan satu kebanggaan tersendiri yang tidak ternilai harganya. Demikian pula keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas belajarnya dengan baik dan sempurna, adalah merupakan suatu impian, suatu harapan, suatu citi-cita, dan suatu kerinduan yang dinanti-nantikan, baik oleh murid itu sendiri, oleh kedua orang tuanya, oleh guru-gurunya, dan oleh semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun bagi siswa, untuk mencapai dan memperoleh kesuksesan serta keberhasilan itu, tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya. Dan pada umumnya tidak semua siswa maupun orang tua, mengetahui dan memahami faktor-faktor apa saja yang bisa menjadi pendorong bagi keberhasilan seorang siswa dalam menyelesaikan tugas belajarnya. Dan juga tidak semuanya mengetahui dan memahami dengan baik, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat keberhasilan belajar siswa.
Maka perlu dikaji dengan cermat dan diketahui oleh semua pihak yang terlibat dalam masalah pendidikan, tentang faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat keberhasilan siswa dalam belajar. Dari latar belakang tersebut di atas muncul rumusan masalah, antara lain : a) Faktor-faktor apa saja yang mendorong keberhasilan belajar siswa di SMP Kyai Hasyim Surabaya. b) Faktor-faktor apa saja yang menghambat keberhasilan belajar siswa di SMP Kyai. Hasyim Surabaya. Penelitian ini dilakukan di SMP Kyai Hasyim Surabaya, dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan metode pengumpulan datanya melalui: observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun analisa datanya menggunakan pendekatan induktif kualitatif. Mengingat sebuah keberhasilan belajar itu sangat penting artinya bagi siswa, bagi orang tua, dan juga bagi guru, maka faktor-faktor atau apa saja yang mendorong keberhasilan belajar bagi siswa, dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat terhadap keberhasilan belajar bagi siswa, harus diketahui dan dipahami baik oleh siswa, orang tua dan juga oleh guru.
Mendasar data-data hasil penelitian dapat diketahui dan disimpulkan, beberapa faktor yang mendorong keberhasilan belajar SMP K. Hasyim, di antaranya adalah : Dukungan dari orang tua, Guru, Lingkungan. Sedangkan beberapa faktor yang dapat menghambat keberhasilan belajar siswa, antara lain : Minimnya ekonomi orang tua, keterbatasan intelegensi siswa, Kurangnya sarana dan prasarana.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||||
Keywords: | Keberhasilan belajar siswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 06 Jun 2022 03:44 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8338 |
Actions (login required)
View Item |