This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salsabila, Salsabila (2025) Pengembangan perangkat pembelajaran math trail project berbantuan mathcitymap untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Salsabila_06010421029 OK.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Salsabila_06010421029 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 August 2028. Download (11MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa sering kali belum berkembang secara optimal akibat metode pembelajaran yang masih didominasi ceramah satu arah serta kurang memberikan ruang bagi siswa untuk berpartisipasi aktif. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran Math Trail Project berbantuan MathCityMap untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji proses pengembangan perangkat pembelajaran serta menelaah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pembelajaran Math Trail Project berbantuan MathCityMap dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Desain penelitian yang diaplikasikan adalah Pretest-posttest Control Group Design dengan subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol di SMPN 1 Waru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan untuk data proses pengembangan perangkat pembelajaran, teknik wawancara untuk tahap pra-survei analisis kebutuhan siswa dan analisis kurikulum, teknik angket untuk data kevalidan, kepraktisan serta data respons siswa, teknik observasi untuk data aktivitas siswa dan keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran, serta teknik tes untuk data kemampuan berpikir kritis siswa. Setelah data didapatkan, data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan secara sistematis mengikuti kerangka kerja model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Waru masih cenderung monoton dan kurang bervariasi yang masih didominasi ceramah satu arah sehingga berdampak pada rendahnya keterlibatan aktif siswa. Selain itu, sekolah tersebut menerapkan kurikulum Merdeka. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong “Sangat Valid” dengan rata-rata validitas modul ajar 4,41 dan LKPD 4,43, perangkat pembelajaran dinyatakan “Praktis” dengan rata-rata kepraktisan modul 88 dan LKPD 87,78, serta dinyatakan efektif yang dapat dilihat dari beberapa aspek berikut: (1) aktivitas siswa menunjukkan kategori “Sangat Aktif” dengan rata-rata 3,58. (2) Keterlaksanaan pembelajaran “Sangat Baik” dengan rata-rata 3,88. (3) Respons siswa dikategorikan “Sangat Positif” dengan nilai rata-rata sebesar 83,89. (4) Berdasarkan uji statistik non-parametric menunjukkan nilai Asymp. Sig. 0,028 < 0,05 sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Math Trail; MathCityMap; berpikir kritis; pengembangan perangkat pembelajaran. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Salsabila Salsabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83473 |
Available Versions of this Item
- Pengembangan perangkat pembelajaran math trail project berbantuan mathcitymap untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (deposited 05 Aug 2025 03:18) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |