This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salsabila, Fatmala (2025) Mengasah jiwa wirausaha untuk membangun sikap tanggungjawab melalui kegiatan bazar ceria pada anak usia 5-6 tahun di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Fatmala Salsabila_06040921062 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Fatmala Salsabila_06040921062 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan jiwa kewirausahaan sejak usia dini sebagai bagian dari pembentukan karakter anak yang mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab. Kegiatan Bazar Ceria yang diselenggarakan di TK Unggulan An-Nur Surabaya menjadi salah satu upaya yang dirancang untuk mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia 5–6 tahun. Melalui kegiatan ini, anak-anak tidak hanya diajak bermain dan berkreasi, tetapi juga diperkenalkan pada proses jual beli sederhana, perencanaan produk, hingga interaksi sosial dengan teman dan lingkungan sekitarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan wali murid, serta dokumentasi kegiatan. Seluruh data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan secara menyeluruh proses dan dampak dari pelaksanaan Bazar Ceria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ini menunjukkan perkembangan yang positif dalam aspek keberanian, rasa percaya diri, kemampuan bekerja sama, dan terutama dalam hal tanggung jawab terhadap tugas yang mereka emban. Kegiatan Bazar Ceria juga berhasil menciptakan lingkungan belajar yang partisipatif, menyenangkan, dan mendorong keterlibatan aktif antara guru, anak, serta orang tua. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam membimbing anak-anak menyusun strategi sederhana, mengelola waktu, serta membangun komunikasi yang efektif dengan teman sebaya dan pembeli. Orang tua pun turut berperan dalam mendukung anak-anak selama proses persiapan maupun pelaksanaan kegiatan, sehingga tercipta sinergi positif antara sekolah dan keluarga dalam mendidik anak. Dengan demikian, kegiatan berbasis proyek seperti Bazar Ceria tidak hanya memberikan pengalaman nyata kepada anak-anak dalam mengenal dunia kewirausahaan, tetapi juga menjadi sarana yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai tanggung jawab sejak dini. Pengalaman ini menjadi bekal penting bagi anak untuk menghadapi tantangan di masa depan, serta sebagai langkah awal dalam pembentukan karakter yang tangguh dan mandiri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Anak Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Wira Usaha; Tanggung Jawab; Bazar Ceria; Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Fatmala Salsabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2025 13:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2025 13:35 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |