This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sofiyana, Amrina (2010) Efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Al Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Amrina Sofiyana_D01206135.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya pendidikan adalah usaha orang tua atau generasi tua untuk mempersiapkan anak atau generasi mudanya agar nantinya mampu hidup secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas- tugas hidupnya dengan sebaik- baiknya. Dalam UU pendidikan dinyatakan pendidikan adalah uasaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Model Pembelajaran yang tepat, yang mampu meningkatkan kemampuan berfikir dan ketrampilan dalam memecahkan masalah adalah model pembelajaran yang berorientasi pada masalah, atau disebut dengan Model Problem Based Learning ( Model Pembelajaran Berbasis Masalah ).
Berdasarkan dari latar belakang diatas penulis termotivasi untuk melakukan penelitian, untuk mengetahui apakah dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Besed Learning dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Al-Jihad Surabaya.
Oleh karena itu, penulis ingin mengadakan penelitian dan dalam hal ini penulis mengangkat judul : EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP Al-JIHAD SURABAYA.
Lokasi penelitian di SMP Al-Jihad yang terletak di wilayah kalibokor II /35 A, Kecamatan Gubeng, kelurahan Pucang Sewu Surabaya. Waktu penelitian adalah pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik siklus atau putaran dan dalam penelitian ini terdiri dari 3 putaran. Di dalam penelitian ini yang telibat antara lain guru, siswa, dan peneliti sendiri.
Statistik yang digunakan peneliti untuk menguji hipotesis adalah uji t, yaitu pada titik kritik pada tabel A.4 dengan df (degree of fredom) 58 yaitu diperoleh (n -1) + (n - 1) sehingga (30-1) + (30-1) = 58 dan taraf signifikannya 0,05 adalah 1,645 dari perhitungan t dan t ternyata observasinya lebih besar dibandingkan dengan t (12,27 1,645). Dengan demikian maka dalam hipotesis yang peneliti ajukan dengan bunyi efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) pada mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar siswa SMP Al-Jihad Surabaya, dengan demikian hipotesis nihilnya (H ) ditolak dan hipotesis alternatifnya (H ) diterima berarti penerapan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Al-Jihad Surabaya.
Selanjutnya berdasarkan data pada tabel angket respon siswa tersebut tampak bahwa siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran (90%), menyenangi materi pelajaran (92,5%), dan cara penyajian oleh guru (87,5%).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Model pembelajaran; Problem Based Learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jun 2022 08:39 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8349 |
Actions (login required)
View Item |