A study of illocutionary act and communication strategy in learning English of three years old children at Harvard preschool kindergarten and playgroup Gresik: a linguistic study

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sonia, Noor Alin (2014) A study of illocutionary act and communication strategy in learning English of three years old children at Harvard preschool kindergarten and playgroup Gresik: a linguistic study. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A93210119 Noor Alin Sonia 2014 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tesis ini menjelaskan tentang tindak ilokusi dan strategi komunikasi pada aMk-anak usia tiga tahun di Harvard Preschool TK dan Playgroup Gresik. Peneliti memfokuskan studinya pada tindakan ilokusi pada anak-anak usia tiga tahun di Harvard Preschool TK dan Playgroup berdasarkan teori Vandeveken. Peneliti juga berfokus pada strategi komunikasi dari anak-anak usia tiga tahun di sekolah yang sama berdasarkan teori Brown dan Levinson. Dal am setiap ucapan , haru s ada fungsi dalam ucapan itu. Fungsi yang ditemukan dalam ucapan-u capan tersebut adalah tindak iloku si . Menurut Vanderveken, ada enam komponen untuk menentukan tindakan ilokusi, yakni: 1/locutionary point , mod e of achievement, propositional content condition, preparatory condition, sincerity condition, degree of strength. Anak-anak u sia tiga tahun juga menggunakan strategi dalam ucapan mereka . Menurut Brown dan Levinson di Yule, ada beberapa strategi dalam komunikasi. Tesis ini dimaksudkan untuk menjelaskan bentuk-bentuk yang terkandung dalam tindakan ilokusi dari ucapan anak usia tiga tahun . Selain itu, tesis ini juga bertujuan menentukan strategi yang digunakan dalam ucapan anak-anak. Penelitian ini merupak an penelitian deskriptif kualitatif. Sebuah penelitian kualitatif juga memungkinkan peneliti untuk menggambarkan data . Kemudian, data tersebut dijelaskan dalam rangka untuk mendapatkan infonnasi tentang tindak ilokusi pada ucapan nak-anak dan strategi komunikasi mereka . Data d2!·i penelitian ini dikumpulkan dari survei yang telah dilakukan oleh peneliti dengan merekam kegiatan kelas antara anak-anak usia tiga tahun dan guru di Harvard preschool TK dan Pl3ygroup di Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sonia, Noor AlinUNSPECIFIEDA93210119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSwasono, Endratno Pilihendratno007@uinsa.ac.id2007067102
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Inggris
Keywords: Illocu tionary act; communication strategy; Harvard Preschool Kindergarten and Playgroup
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:36
Last Modified: 04 Aug 2025 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83581

Actions (login required)

View Item View Item