Strategi promosi pada ternak sapi Sumber Jaya dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari marketing syariah: studi kasus ternak sapi Sumber Jaya Dsn. Pilanggot Ds. Wonokromo Kec. Tikung Kab. Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibrahim, Moch. Dhimas Nur (2022) Strategi promosi pada ternak sapi Sumber Jaya dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari marketing syariah: studi kasus ternak sapi Sumber Jaya Dsn. Pilanggot Ds. Wonokromo Kec. Tikung Kab. Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Dhimas Nur Ibrahim_G74215159.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Moch. Dhimas Nur Ibrahim_G74215159_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2028.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Promosi Pada Ternak Sapi Sumber Jaya Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau dari Marketing Syariah” ini adalah sebuah hasil dari penelitian menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana analisis terhadap strategi pemasaran yang digunakan oleh pemilik Ternak Sapi Sumber Jaya Tikung Lamongan dalam menghadapi persaingan bisnis agar dapat mempertahankan dan bahkan dapat bersaing dengan para kompetitor bisnis pendatang baru maupun bisnis yang sudah lama namun terjadi perubahan serta peneliti menggunakan analisis perbandingan antara prinsip pemasaran 4P dengan konsep marketing syariah. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan untuk pengumpulan data diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer didapatkan oleh peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder didapatkan oleh peneliti dari dokumen, jurnal, dan literatur lainnya. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Strategi Promosi Pada Ternak Sapi Sumber Jaya Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau dari Marketing Syariah telah menerapkan prinsip Teistis (rabbaniyah) yaitu menjual ternaknya sesuai dengan syariat-syariat islam, sebelum melakukan penjualan ternak sapi sumber jaya selalu mengecek kondisi fisik sapi-sapinya. Karena kualitas sapinya selalu dijaga oleh ternak sapi sumber jaya. Dan juga selalu menjaga prinsip public relation yang selalu menjaga hubungan baik terhadap para konsumen-konsumen ternak sapi sumber jaya. Akan tetapi ternak sapi sumber jaya juga kurang patuh terhadap promosi yang ada keterangan gratis ongkos kirim tetapi masih ada yang mengeluarkan ongkos kirim untuk pengirimannya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat mengoptimalkan strategi promosi namun tanpa mengurangi nilai-nilai syariah dalam penerapannya ketika di lapangan karena akan berdampak terhadap kelangsungan usaha Ternak Sapi Sumber Jaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibrahim, Moch. Dhimas Nuribrahimdhimas2018@gmail.comG74215159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com885120626606000
Subjects: Ekonomi
Keywords: Strategi; promosi; marketing; syariah; ternak sapi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email ibrahimdhimas2018@gmail.com
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:34
Last Modified: 08 Aug 2025 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83618

Actions (login required)

View Item View Item