This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Achmad, Safrizal Bangkit Maulana (2025) Dialektika perilaku Balya Bin Malkan dan Nabi Musa: analisis komparatif Tafsir Al-Qurṭubi dan Tafsir Al-Ta’wilat Al-Najmiyyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Safrizal Bangkit Maulana Achmad_07040321129 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Safrizal Bangkit Maulana Achmad_07040321129 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 August 2028. Download (2MB) |
Abstract
Dialektika antara tasawuf dan syari’at seringkali tidak menemukan titik temu, hal ini terjadi karena dua sudut pandang yang berbeda. Kisah Balyā bin Malkān dan Nabi Musa merupakan representasi dari ilmu syari’at dan ilmu hakikat. Karena perbedaan mendasar dalam perspektif mereka terhadap kebenaran, analisis antara tasawuf dan syari'at sering menemui jalan buntu. Dalam Surah al-Kahfi [18]: 60–82, kisah pertemuan antara Balyā bin Malkān dan Nabi Musa digambarkan secara simbolik. Kedua tokoh ini menunjukkan dua sisi dalam epistemologi Islam, mulai dari ilmu syari'at yang berfokus pada hukum lahiriah dan normatif serta Ilmu tasawuf yang lebih fokus pada wilayah esoteris. Oleh karena itu, dibutuhkan dua sudut pandang yang berbeda pula untuk mendapatkan pemahaman yang lebih objektif. Kecenderungan ilmu tasawuf Balyā bin Malkān akan dipotret melalui tafsir bercorak sufistik yaitu al-Ta’wilat al-Najmiyyah karya Najm al-Dīn al-Kubrā, perilaku Balyā bin Malkān dalam tafsir ini memiliki substansi laduniyyah yang tidak dapat ditafsirkan melalui kacamata hukum formal (Dhahiriyah). Imam Al-Qurṭubī menafsirkan perilaku Balyā bin Malkān berdasarkan kacamata hukum formal. Tetapi dalam beberapa pembahasan, ia menganggap perilaku tersebut bertentangan dengan hukum Islam. Analisis ini menunjukkan bahwa konflik antara Nabi Musa dan Balyā bin Malkān tidak hanya bersifat kronologis tetapi juga epistemologis pada ilmu syari'at (Kulit) dan ilmu hakikat (Daging). Selain itu, salah satu cara untuk menemukan identitas tokoh ini harus melalui literatur tafsir klasik daripada kisah-kisah popular. Penelitian ini juga mengungkap dinamika elaborasi antara guru dan murid dalam struktur ahkam dan spiritual Islam. Nabi Musa belajar dari sosok yang tidak disebutkan secara eksplisit sebagai nabi dalam Al-Qur'an, juga membuka ruang perdebatan teologis mengenai kenabian Balyā bin Malkān. Secara keseluruhan, dialektika perilaku antara Balyā bin Malkān dan Nabi Musa merepresentasikan dua contoh manusia, satu dengan ilmu batin (hakikat dan ma’rifat), dan satu lagi dengan ilmu dzahir (syari’at), yang keduanya saling membutuhkan kesabaran dan keterbukaan untuk mencapai kebenaran yang lebih mendalam. Studi ini menggunakan pendekatan tafsir komparatif antara Tafsir al-Ta'wīlāt al-Najmiyyah karya Najm al-Dīn al-Kubrā dan Tafsir al-Qurṭubī karya Al-Qurṭubī untuk menganilisis resolusi konflik dialektika perilaku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kisah ini tidak dapat dipahami secara keseluruhan hanya dari satu pandangan saja. Dengan demikian, dari sudut pandang kedua tafsir ini, dialektika perilaku Balyā bin Malkān dan Nabi Musa menggambarkan dua tipe manusia yang berlawanan yang satu berilmu daging (hakikat dan ma’rifat), dan yang lain berilmu kulit (syari’at) dengan kesabaran untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Al Qur'an | ||||||||
Keywords: | Dialektika; Tasawuf; Syari’at; Balyā bin Malkān; Nabi Musa; Tafsir Al-Qurṭubī; Al-Ta’wīlāt Al-Najmiyyah. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | S.Ag., Safrizal Bangkit | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:31 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:31 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |