PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDED TEACHING (PEMBELAJARAN TERBIMBING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MTs NEGERI TLASIH TULANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safridah, Sidqiyah (2010) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDED TEACHING (PEMBELAJARAN TERBIMBING) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MTs NEGERI TLASIH TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Dalam menyikapi perkembangan zaman yang semakin pesat, tentunya setiap orang harus memiliki wawasan yang lebih luas. Oleh karena itu setiap instansi pendidikan selalu melakukan perubahan dalam meningkatkan kualitas anak didiknya agar nantinya dapat mengatasi problematika kehidupannya dalam bergaul dan bermasyarakat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh guru adalah pemahaman siswa, karena dengan memahami suatu pelajaran berarti siswa telah menguasai suatu pelajaran tersebut dan siap menjawab tantangan yang ada.
Dalam hal ini juga didukung dengan adanya strategi belajar guided teaching yang ditawarkan oleh Mel Silberman dan telah digunakan di MTs Negeri Tlasih Tulangan Sidoarjo, di sini guru menjadi fasilitator dalam membimbing siswa. Strategi guided teaching ini sendiri adalah dimana seorang guru mengarahkan siswa untuk memahami sendiri sebuah materi pelajaran dengan memberikan pertanyaan yang mempunyai alternatif jawaban kemudian didiskusikan dengan membentuk kelompok terlebih dahulu dan nantinya akan dijelaskan oleh guru.
Pemahaman adalah mencakup kemampuan untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari. Adanya kemampuan ini dinyatakan dalam menguraikan isi pokok dari suatu bacaan (mengubah data yang disajikan dalam bentuk tertentu ke bentuk yang lain, seperti rumus matematika ke dalam bentuk kata-kata. Dan pemahaman siswa yang dimaksud alah sejauh mana penguasaan siswa pada materi pelajaran, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Skripsi ini meneliti tentang pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa pada bidang studi fiqih. Ada tiga rumusan masalah yang digunakan penulis sebagai acuan pengumpulan datanya, yaitu: bagaimana penggunaan strategi guided teaching pada bidang studi fiqih di MTs Negeri Tlasih Tulangan Sidoarjo?, bagaimana pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MTs Negeri Tlasih Tulangan Sidoarjo?, bagaimana pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MTs Negeri Tlasih Tulangan Sidoarjo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dan bersifat korelasional dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi dan tes pengukuran pemahaman siswa yang berupa tes tulis (tes formatif) dan tes praktek ibadah.Dan penulis mencoba menjawab pertanyaan pada rumusan masalah dengan menggunakan analisis deskriptif yang mana penjabaran hasil data dihitung dengan nilai frekuensi prosentase relative dan nilai rata-rata. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa digunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan stategi guided teaching strategi guided teaching pada bidang studi fiqih di MTs Negeri Tlasih Tulangan Sidoarjo dalam kategori baik sekali. Sedangkan pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MTs Negeri Tlasih Tulangan Sidoarjojuga baik sekali. Begitu juga dengan pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MTs Negeri Tlasih Tulangan Sidoarjo termasuk dalam kategori baik sekali atau terdapat pengaruh yang sangat tinggi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safridah, SidqiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: STRATEGI GUIDED TEACHING, PEMBELAJARAN TERBIMBING
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 17 Feb 2015 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

View Item View Item