Pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan pengalaman keuangan, dan media sosial dalam pengambilan keputusan investasi komunitas syariah saham

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fernanda, Kiki Septhia (2025) Pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan pengalaman keuangan, dan media sosial dalam pengambilan keputusan investasi komunitas syariah saham. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Septhia Fernanda_08010321016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Kiki Septhia Fernanda_08010321016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan digital mendorong pentingnya literasi keuangan dalam mendukung keputusan investasi yang bijak, khususnya di pasar modal. Namun, tantangan seperti rendahnya literasi keuangan, perilaku keuangan yang kurang terencana, pengalaman investasi yang minim, dan pengaruh media sosial sering memengaruhi kualitas keputusan investasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan, pengalaman keuangan, dan media sosial terhadap keputusan investasi pada komunitas Syariah Saham. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis data primer. Data primer diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada para anggota komunitas syariah saham yang tergabung pada grub WhatsApp. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam pengujian instrumen dan hipotesis penelitian ini menggunakan SPSS 26 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, perilaku keuangan, dan media sosial berpengaruh positif dalam pengambilan Keputusan investasi. Sedangkan variabel pengalaman keuangan tidak berpengaruh dalam pengambilan Keputusan investasi, Dan variabel literasi keuangan, perilaku keuangan, pegalaman keuangan, dan media sosial memiliki pengaruh simultan dalam pengambilan keputusan. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah penting bagi komunitas Syariah Saham untuk terus meningkatkan literasi keuangan dan membangun perilaku keuangan yang baik melalui edukasi dan pelatihan yang terarah. Selain itu, komunitas juga perlu lebih selektif dan kritis dalam menyaring informasi dari media sosial agar tidak mudah terpengaruh oleh konten yang menyesatkan, sehingga keputusan investasi yang diambil tetap rasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fernanda, Kiki Septhiakikisepthiaa@gmail.com08010321016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsa.ac.id199305032019032020
Subjects: Manajemen
Keuangan
Keywords: Literasi keuangan; perilaku keuangan; pengalamn keuangan; media sosial; keputusan investasi; saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Kiki Septhia Fernanda
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:25
Last Modified: 13 Aug 2025 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83697

Actions (login required)

View Item View Item