This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lestari, Hardita Amalia Sri Ayu (2014) KOMPARASI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI INDONESIA DENGAN KONSEP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DAULAH KHILAFAH. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Pada era modern kini, muncul berbagai poblematika kompleks pendidikan di Indonesia, kebijakan pendidikan yang masih profit oriented hingga berdampak pada mahalnya biaya pendidikan, sarana prasarana pendidikan yang belum
memadai,degradasi moral peserta didik seperti tingginya angka aborsi, penggunaan narkoba, kasus tawuran antar pelajar hingga kasus kriminalitas yang semakin tinggi di kalangan pelajar dan mahasiswa, menjadi gambaran potret
buram wajah pendidikan nasional di Indonesia.
Dalam tesis ini, penulis berupaya menggali dan menggambarkan konsep pendidikan daulah khilafah yang telah terbukti kegemilanganya, berhasil mencetak generasi – generasi unggul yang beraqliyah Islamiyyah (pola pikir
Islam) dan bersyakhsiyah Islamiyyah (pola sikap Islam), serta mampu menjadi generasi yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Metode dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilihat dari
jenis masalahnya termasuk kausal komparatif yakni penelitian problema untuk membandingkan dua fenomena atau lebih, sedangkan dari jenis kajiannya termasuk library research. Sumber data dalam penelitian tesis ini diperoleh dari dari ayat Al – Qur’an, hadith, kitab tafsir, juga literatur Islam sebagai penjelas dan pemberi interpretasi terhadap ayat-ayat al-Qur’an sebagai sumber data primer.
Sedangkan data sekunder, bersumber dari buku, jurnal, artikel dan informasi.Untuk teknik pengumpulan data diperoleh dari penelaahan terhadap dokumen
tertulis. Sedangkan teknik analisa data menggunakan metode content analisys. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa secara paradigmatik penyelesaian problem pendidikan harus dilakukan secara fundamental. Hal itu
hanya dapat diwujudkan dengan melakukan perombakan secara menyeluruh yang diawali dari perubahan paradigma pendidikan sekuler menjadi paradigma Islam. Solusi strategi fungsionalnya dapat dilakukan dengan memperbaiki dua unsur
yang bersifat strategi dan fungsional, yakni: Pertama, membangun lembaga pendidikan bermutu dengan semua komponen berbasis Islam, yaitu: (1) kurikulum yang paradigmatik, (2) guru yang amanah dan kafa’ah, (3) proses belajar
mengajar mengajar yang berlangsung secara Islami, dan (4) lingkungan dan budaya sekolah yang kondusif bagi terwujudnya pendidikan bermutu itu. Kedua, membuka lebar interaksi dengan keluarga dan masyarakat agar dapat berperan optimal dalam menunjang proses pendidikan. Upaya selanjutnya adalah melakukan revolusi dalam bidang pendidikan dengan menjadikan sistem pendidikan daulah khilafah sebagai solusi fundamental bagi persoalan pendidikan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Imam Bawani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Sistem Pendidikan Nasional; Konsep Sistem Pendidikan Daulah Khilafah | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2015 08:04 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 08:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/837 |
Actions (login required)
View Item |