This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aisyah, Siti (2010) EFEKTIVITAS TEKNIK BERTANYA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA'ARIF PAMOTAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
abstrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Strategi, metode, teknik serta media yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menjadikan siswa ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Dalam penelitian ini yang dilatarbelakangi kurangnya partisipasi siswa dalam memberikan jawaban dan tanggapan atas pertanyaan guru yang terjadi di sekolah-sekolah. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengetahui dan mengembangkan teknik bertanya yang tepat dalam mengajukan pertanyaan (teknik pemberian waktu tunggu, teknik menuntun, menggali, pindah gilir, penguatan, dan pemusatan). Dimana guru harus bisa memadukan beberapa teknik bertanya dalam suatu proses pembelajaran sehingga siswa mampu berpartisipasi aktif dalam menjawab setiap pertanyaan.
Penelitian ini dilakukan di MI Maa'arif Pamotan Porong, jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa MI Ma'arif dengan jumlah 179 siswa, siswa kelas V sebagai sampel observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan product moment dilanjutkan dengan t .
Berdasarkan analisis dalam proses pembelajaran selama dua pertemuan didapati bahwa teknik bertanya guru tergolong baik yaitu dengan nilai observasi 3,66 dan prosentase hasil angket 65,2%. Hasil analisis untuk partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dengan teknik brtanya guru tergolong baik karena dapat dilihat dari nilai observasi partisipasi belajar siswa 3,42 dan hasil angket 67,6%. Untuk mengetahui keefektifan teknik bertanya dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil product moment dengan nilai 0,753 tergolong adanya hubungan yang kuat, dilanjutkan t dengan hasil 5,489 terbukti bahwa t lebih besar dari t , atau 5,489 2,069, maka ada hubungan yang signifikan. Jadi, teknik bertanya efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa.
Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik di MI Ma'arif Pamotan maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan teknik bertanya yang tepat agar dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam menjawab dan menanggapi pertanyaan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Teknik Bertanya; Partisipasi Belajar Siswa; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 08:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8373 |
Actions (login required)
View Item |