This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chudzaifah, Ibnu (2014) POLA PEMBINAAN MENTAL SANTRI NARKOBA : STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB NGANJUK. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (682kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (247kB) | Preview |
Abstract
Kompleksnya kenakalan remaja dalam berbagai dimensinya, membuat banyak pihak merasa terpanggil dan perlu dengan segera untuk mengatasinya. Hal ini pula yang dilakukan oleh Ponpes Ulul Albab. Dari sini penulis tertarik untuk
melakukan penelitian di Ponpes Ulul Albab.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pola pembinaan mental santri narkoba di Pondok Pesantren Ulul Albab; (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembinaan mental santri narkoba di Pondok Pesantren Ulul Albab; (3) Mengetahui tanggapan santri dan masyarakat sekitar pesantren tentang pembinaan mental santri narkoba di Pondok Pesantren Ulul Albab.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan pendekatan interaksi simbolik, serta menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul maka penulis
berusaha menjelaskan suatu obyek permasalahan secara sistematis serta memberikan analisa secara cermat dan tepat terhadap obyek kajian tersebut yaitu dengan tehnik deskriptif analitik. Dalam penelitian ini menghasilkan beberapa hal, yaitu: Pertama, Pola NPembinaan mental di Pondok Pesantren Ulul Albab, yaitu: (1) Keteladanan,
nasehat dan cerita, serta kedisiplinan. (2) Materi yang diberikan meliputi empat macam yaitu: Mandi taubat, Shalat, Dzikir dan Qiyam al-lail. (3) Dalam pembinaan mental dibagi menjadi 3 tahap: Proses awal, Proses pembinaan mental
dan Proses akhir. (4) Dalam proses pembinaan mental, di Pesantren Ulul Albab menggunakan metode suwuk, yang mana metode inilah yang membedakan pondok inabah ini dengan pondok inabah yang lain. Kedua, (1) Faktor pendukungnya adalah: (a) Keseriusan orang tua dalam keikutsertaan pembinaan mental santri narkoba (b) Kemauan kuat Santri untuk sembuh (c) Situasi Lingkungan masyarakat yang cukup representatif sebagai tempat pembinaan mental (d) Hubungan yang baik antar santri dengan santri lain dan santri dengan Pembina (e) Pangetahuan agama santri sebelum masuk
pesantren. (2) Adapun faktor penghambatnya adalah: (a) Kurangnya partisipasi orang tua (b) Adanya beberapa santri yang kurang serius dalam mengikuti peraturan pesantren (c) Latar belakang budaya santri yang berbeda-beda (d)Kurangnya pengetahuan agama santri sebelum mengikuti pembinaan mental.
Ketiga, Tanggapan dari para santri dan warga sekitar pesantren adalah: (1)Dari data yang ada, dapat di ketahui bahwa 83,3% dari responden (santri)menyatakan senang dengan adanya pembinaan mental di pesantren Ulul Albab dan 80% dari responden (santri) sangat merasakan manfaat dari pembinaan mental (2) Dari data yang ada, dapat diketahui bahwa 70% dari responden (masyarakat) merasa senang dengan adanya pembinaan mental santri narkoba di Pesantren Ulul
Albab.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Amir Maliki | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Keywords: | Santri Narkoba; Pembinaan Mental | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2015 08:26 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 08:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/838 |
Actions (login required)
View Item |