This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ni'mah, Ika Dhotun (2010) PERANAN PELATIHAN DBE (DESENTRALIZED BASIC EDUCATION) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS DARUL ULUM PASINAN BAURENO BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Fenomena yang terjadi saat ini di Indonesia dalam proses belajar mengajar adalah guru dalam menyampaikan materi pelajaran biasanya kesulitan dalam melaksanakan tanggung jawab yang sebelumnya dilaksanakan melalui struktur pemerintah pusat. Sebagai akibatnya, dana yang terbatas tidak digunakan secara strategis, kebijakan yang ada sering kali tidak efektif dan tidak berjalan seperti seharusnya dan Indonesia juga belum begitu berhasil dalam menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, dan produktif. Untuk itu Indonesia bekerja sama dengan USAID yakni melalui adanya pelatihan DBE. DBE adalah program antar Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat dalam rangka memperbaiki kegiatan proses belajar mengajar di Indonesia serta demi merealisasikan tujuan kurikulum. Program ini merupakan payung kerjasama antara Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) dan USAID.
Bertolak dari latar belakang dan ruang lingkup penelitian, maka pemasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1.Bagaimana pelaksanaan pelatihan guru yang diselenggarakan oleh DBE (Desentralized Basic Education) di MTs Darul Ulum Pasinan Baureno Bojonegoro? 2.Bagaimana profesionalisme guru di MTs Darul Ulum Pasinan Baureno Bojonegoro? 3. Bagaimana Peranan DBE (Desentralized Basic Education) Dalam Meningkatkan profesionalisme guru di MTs Darul Ulum Pasinan Baureno Bojonegoro?
Dalam penelitin skripsi ini, penulis menggunakan metode kualitatif diskriptif. Peneliti merupakan alat pengumpul data utama (instrument) dengan menggunakan tehnik observasi secara induktif dan ditafsirkan secara kualitatif agar hasil penelitian ini benar-benar dapat dipercaya dalam penelitian ini penulis menggunakan tehnik analisis induktif dan comparable.
DBE telah melaksanakan beberapa pelatihan bagi guru MTs Darul Ulum, pelatihan tersebut dilaksanakan sebanyak 5 tahap dengan tema:1. Pada tanggal 29 Januari 2008 dengan tema pendidikan kecakapan hidup bagi siswa SMP/MTs. 2. Pada tanggal 10 Juni 2008 semua guru yang mengikuti pelatihan dengan tema Information and Commucation Technology Toolkit. 3.Pada tanggal 23-24 Agustus 2008 dengan tema Pengembangan WEBSITE Sekolah. 4.Pada tanggal 28-30 Januari 2009 dengan tema Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Siswa SMP/MTs 2. 5.Pada tanggal 23-25 Mei 2009 dengan tema Modul Pengajaran Professional Dan Pembelajaran Bermakna2.DBE mempunyai beberapa peranan:1.Pengembangan inovasi pembelajaran PAKEM 2. Peningkatan Profesionalisme
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru | ||||||
Keywords: | Desentralized Basic Education | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 02:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8381 |
Actions (login required)
View Item |