IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. AL-AMIN KEBOHARAN KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashuri, Moh. Ulil (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. AL-AMIN KEBOHARAN KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Implementasi Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) bagaimana strategi pembelajaran crossword puzzle di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo, (2) bagaimana kegunaan strategi pembelajaran crossword puzzle sebagai alat evaluasi belajar, daya ingat dan media pembelajaran di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo (3) bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo dan (3) sejauh mana implementasi strategi pembelajaran crossword puzzle dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo?
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumenter. Kemudian data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian.
Hasil penelitian pembelajaran crossword puzzle yaitu, input siswa memahami materi umum dan agama Islam, kurikulum KTSP, guru terdiri dari guru kelas, mata pelajaran, pembimbing dan koordinator mata pelajaran umum dan agama. Sumber dana donatur masyarakat dan pemerintah. Untuk pembelajaran crossword puzzle dimaksudkan agar anak belajar aktif dengan berbagai variasinya sehingga terhindar dari rasa bosan dan tercipta suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Kegunaan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam belajar mengajar di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo, yaitu dapat menjadi alat evaluasi belajar bagi guru dan murid, mengetahui daya ingat peserta didik dalam menerima pelajaran dan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menarik di sekolah.
Pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo meliputi penyampain materi disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Pada dasarnya di dalam diri seorang anak memiliki daya pikir yang baik. Untuk menunjang belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam diperlukan beberapa metode konvensional yang dapat dikorelasikan yaitu; dengan metode ceramah, tanya jawab dan tutor sebaya.
Hasil implementasi pembelajaran crossword puzzle dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs. Al-Amin Keboharan Krian Sidoarjo meliputi ulangan harian, ulangan tengah semester atau pun ulangan akhir semester. Dari ujian tersebut, bisa dilihat dan dinilai sejauh mana hasil belajar siswa. Kedua, penilaian belajar siswa dapat dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian portofolio yang laporannya dapat dibuat baik per-semester, per-bulan, per-minggu dan per-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashuri, Moh. UlilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran Crossword Puzzle
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 13 Feb 2015 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8384

Actions (login required)

View Item View Item