This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholikhah, Silfi Wahdatus (2010) IMPLEMENTASI REMIDIAL TEACHING DENGAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI IPS DI SMAN I TAMAN SIDOARJO TAHUN PEMBELAJARAN 2009-2010. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Dalam praktek kegiatan pembelajaran di sekolah, sering terjadi hal-hal yang kurang membantu anak didik untuk berkembang. Dalam hal ini bukan gurunya tidak mengajar, atau kemampuan guru yang kurang, melainkan penerapan sistem, strategi dan metode pembelajaran yang tidak tepat, karena guru mengajar dengan intelegensi yang tidak sesuai dengan intelegensi yang dominan pada peserta didik.
Fokus kajian pada skripsi ini adalah berusaha menggambarkan bagaimana Implementasi Remidial Teaching Dengan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas XI IPS di SMAN I Taman Sidoarjo Tahun Pembelajaran 2009-2010, yang disertai dengan faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari penerapan metode tersebut, yang mana dalam hal ini di latar belakangi oleh tingkat siswa yang kurang memperhatikan guru ketika pelajaran berlaangsung. Karena siswa pada saat ini seringkali mengabaikan materi yang telah diberikan oleh guru, yang disebabkan karena padatnya materi jadi siswa malas untuk menerima materi pelajaran dan hasilnya juga kurang maksimal sehingga mengakibatkan nilai- nilai siswa banyak yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) maka salah satunya diadakan pembelajaran Renidial Teaching dengan Metode Resitasi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Yakni dengan jalan memberikan interpretasi logis dari gambaran pada sumber obyek. Sehingga lebih ditekankan pada penelitian langsung yang intensif, mendalam, mendetail dan komprehensif dalam analisis data atau observasi yang valid.
Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMAN I Taman Sidoarjo, sedangkan untuk mendapatkan data yang diinginkan, digunakan teknik penelitian wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka implementasi Remidial Teaching dengan metode Resitasi sangat membantu siswa dalam mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) terutama dalam mata pelajaran PAI, sehingga mampu membentuk mutu sekolah SMAN I Taman Sidoarjo untuk tetap menjadi sekolah unggulan.
Dilihat dari respon siswa selama pembelajaran dan diperkuat lagi, dengan hasil belajar siswa dalam mengikuti ujian tengah semester (UTS). Implementasi Remidial Teaching dengan Metode Resitasi dapat dianalisis dan dikaji dengan adanya dampak positif dan negatif terhadap peserta didik, semoga dengan penelitian ini dapat dijadikan khasanah keilmuan khususnya dalam pengembangan sebuah metode pembelajaran pada siswa- siswi SMAN I Taman Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Remidial Teaching; Metode Resitasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2015 04:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8386 |
Actions (login required)
View Item |