This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rochman, Ziaur (2015) Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III Materi Baca Tulis Al Quran dengan menggunakan media Film Animasi di SDN Margorejo III/405 Surabaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D57211177 Ziaur Rochman 2015 ok.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dijumpai oleb peneliti, yaitu rendahnya basil belajar siswa kelas ill SDN Margorejo IW405 Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (I) bagaimana Penerapan multimedia fim animasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi baca tulis huruf hijaiyah di SDN. Margorejo III/405 Surabaya?, (2) bagaimana basil belajar Pendidikan Agama Islam materi baca tulis huruf hijaiyah sebelum menggunakan media film animasi di SDN. Margorejo III/405 Surabaya?, dan (3) bagaimana peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi baca tulis huruf hijaiyah setelah menggunakan multimedia film animasi di SDN. Margorejo III/405 Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalab tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengarub dari perlakuan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan model kemmis dan Taggart yang pada intinya, model PTK Kemmis dan Taggart adalah untaian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dipandang sebagai satu siklus. Banyaknya siklus tergantung dari tercapai atau tidaknya target penelitian yang diinginkan . Siklus akan dibentikan jika target yang inginkan sudab tercapai. Hasil penelitian menunjukkan babwa: (I) Skor akbir observasi aktivitas guru pada siklus I adalah sebesar 2,52, artinya masuk dalam kategori baik . Skor akbir observasi aktivitas guru pada siklus II adalab sebesar 2,76, artinya masuk dalam kategori baik . Skor akbir aktivitas guru dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,24. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa skor akbir aktivitas siswa pada siklus I adalah sebesar 2,16, artinya masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II adalab sebesar 2,50, artinya masuk dalam kategori baik. skor akhir aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meniogkat sebesar '),34. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media film animasi dalam pembelajaraan PAI sudah terlaksana deogan baik. (2) Hasil belajar siswa kelas ill SDN Margorejo sebelum peoerapan media animasi tergolong rendah. Hal ini dapat dilibat dari hasil tes pra siklus. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal banya sebesar 27%. (3) Hasil belajar siswa kelas ill SDN Margorejo meoingkat setelab diterapkannya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media film animasi . Hal ini dapat dilibat dari basil tes pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I, perseotase ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%, sedangkan pada siklus IT sebesar 83%, artinya meningkat 33%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||||
Keywords: | Media Film Animasi; basil belajar siswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |