This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahayu, Sri (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IX-C SMP NEGERI 2 KEPOHBARU-BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Salah satu alternatif untuk melatihkan penalaran analogi matematika siswa adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual untuk melatih penalaran analogi siswa pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Thiagarajan (Four D Model) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Kepohbaru- Bojonegoro dengan materi kesebangunan dan kekongruenan. Sedangkan objeknya adalah perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari RPP, LKS dan buku siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, validasi, observasi dan tes.
Setelah dilakukan analisis data penelitian, diperoleh data sebagai berikut : RPP 1 sebesar 3,6 ; RPP 2 sebesar 3,6 ; RPP 3 sebesar 3,7 ; buku siswa sebesar 3,3 ; LKS 1
sebesar 3,6 ; LKS 2 sebesar 3,5 ; LKS 3 sebesar 3,6. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan penilaian validator yang menyatakan perangkat pembelajaran
dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan aktivitas guru efektif ; aktivitas siswa aktif sebesar 89,94% ; ketuntasan
belajar siswa sebesar 80% dan respon positif siswa sebesar 89,58%. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontektual dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan penalaran analogi matematika.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Lisanul Uswah Sadieda | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Pendekatan Kontekstual; Analogi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2015 08:35 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 08:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/840 |
Actions (login required)
View Item |