This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
NURUL APTIKA, RISYA (2010) PERBANDINGAN ANTARA PRESS RELEASE PT. ASTRA HONDA MOTOR DAN PT.YAMAHA MOTOR KENCANA INDONESIA : STUDI ANALISIS WACANA PENDEKATAN VAN DIJK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: 1. Bagaimana struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik dan retoris press release PT. Astra Honda Motor dan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia, 2. Bagaimana strategi public relations PT. Astra Honda Motor dan PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia dalam membentuk citra perusahaan melalui press release.
Dalam mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode analisis wacana dengan pendekatan kritis model Van Dijk yang berguna mendeskripsikan makna teks melalui beberapa struktur wacana.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1.Topik yang diangkat kedua perusahaan tersebut mengenai kesuksesan masing-masing perusahaan. Press release antara AHM dan YMKI memiliki kesamaan yakni sebagai ajang pembentukan citra perusahaan. Dalam keseluruhan press release tidak ada kalimat-kalimat yang menyudutkan suatu pihak, namun keduanya sama-sama mengunggulkan perusahaan melalui bahasa yang dipakai. 2. PR PT. AHM berusaha memberitakan kondisi perusahaan yang mengalami peningkatan dari segi penjualan. Penggunaan bahasa yang rapi mencerminkan kepribadian perusahaan yang secara tidak langsung mempengaruhi image produk yang ditelurkan sebagai sepeda motor berkualitas tinggi. Penyertaan kutipan wawancara menjadi penguat fakta yang diberitakan dalam press release. Sedangkan PR PT. YMKI membuat press release tersebut lebih persuasif tanpa ada penyudutan terhadap pihak lain. Ucapan terima kasih terhadap pihak lain sering disematkan dalam teks sehingga menarik simpati pembaca, yang pada akhirnya pembaca/publik menangkap pemahaman bahwa YMKI merupakan perusahaan yang ramah dan handal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Komunikasi Islam > Komunikasi | ||||||
Keywords: | Press release; Public Relations; Analisis Wacana | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 03:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8445 |
Actions (login required)
View Item |