This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Widyaningsih, Ana (2014) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NESTED DENGAN SETTING PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI TABUNG DAN KERUCUT DI KELAS IX SMP NEGERI 2 PUNGGING MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan siswa, sehingga siswa dapat menerapkan konsep matematika yang telah dipelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang mengembangkan keterampilan siswa adalah pembelajaran nested yang dapat dipadukan dengan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat (valid, praktis dan efektif) pembelajaran terpadu tipe nested dengan setting pembelajaran berbasis masalah yang sudah diterapkan di SMP Negeri 2 Pungging pada materi tabung dan kerucut.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengambilan subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas IX-G SMP Negeri 2 Pungging. Model pengembanagan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan sintaks, lembar pengamatan aktivitas siswa, soal tes,dan lembar angket respon siswa.
Dari pengembangan pembelajaran yang telah dilaksanakan, diperoleh data sebagai berikut: RPP-tabung sebesar 3,38; RPP-kerucut sebesar 3,43; buku siswa sebesar 3,11; LKS-tabung sebesar 3,25 dan LKS-kerucut sebesar 3,39. Dari penilaian validator tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dari penilaian validator. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan keterlaksanaan sintaks sebesar 3,67; aktivitas siswa sebesar 91,15%; ketuntasan belajar siswa sebesar 86,67% dan respon positif siswa sebesar 89,17%. Dari hasil di atas, maka pembelajaran terpadu tipe nested dengan setting pembelajaran berbasis masalah pada materi tabung dan kerucut telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Pembelajaran Terpadu; Nested; Pembelajaran Berbasis Masalah; RPP; LKS; Buku Siswa; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2015 08:41 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 08:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/845 |
Actions (login required)
View Item |