This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nuraini, Siti (2014) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN VISUAL THINKING DAN YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan visual thinking lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan visual thinking.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain perbandingan kelompok statik (Static-Group Comparison). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas VIII D sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan lembar angket respon siswa. Tes yang digunakan adalah tes evaluasi akhir, yang diberikan setelah siswa diberi perlakuan.
Setelah dilakukan analisis data, diperoleh dari hasil penelitian rata-rata(mean) untuk kelompok eksperimen sebesar 76,38 dan kelompok kontrol sebesar 74,94. Dengan menggunakan analisis statistik uji hipotesis kesamaan dua rata-rata(uji-t), maka sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas dan diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dan dengan analisis statistik uji-t diperoleh hasil yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan visual thinking lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis angket respon siswa diperoleh rata-rata presentase sebesar 76,38 % artinya siswa kelas eksperimen menerima sangat baik pembelajaran matematika dengan pendekatan visual thinking.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Pemecahan Masalah Matematika; Pendekatan Visual Thinking; Pembelajaran Konvensional | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2015 08:47 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 08:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/849 |
Actions (login required)
View Item |