INOVASI DAN REALISASI KURIKULUM ISMUBA (AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN, DAN BAHASA ARAB) DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 8 TULANGAN SIDOARJO JAWA TIMUR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Puspita (2010) INOVASI DAN REALISASI KURIKULUM ISMUBA (AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN, DAN BAHASA ARAB) DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 8 TULANGAN SIDOARJO JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Inovasi kurikulum menjadi topik yang selalu hangat dibicarakan dari masa ke masa. Isu ini selalu muncul ketika kita membicarakan pendidikan. Dalam inovasi Kurikulum banyak yang terlibat diantaranya: guru, siswa, masyarakat, fasilitas, dan dana. Secara Umum inovasi kurikulum dibagi dua model, pertama Top – down model, yaitu inovasi kurikulum yang diciptakan oleh atasan sebagai usaha meningkatkan mutu pendidikan atau pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan. Kedua, bottom - up model inovasi ini timbul dari hasil ide, pikiran, kreasi, dan inisiatif dari sekolah, guru atau masyarakat.
Model inovasi bottom - up inilah yang dipakai SD muhammadiyah 8 Tulangan untuk melalukan inovasi kurikulum al – Islam, kemuhammadiyahan, dan bahasa Arab (ISMUBA). Inovasi dan Reallisasi kurikulum ISMUBA berangkat dari penggabungan konsep correlated curriculum dan Humanistik curriculum dalam pelaksanaannya. Model ini mendudukan siswa dalam posisi yang utama dalam pendidikan, siswa deberikan ruang yang leluasa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya guru hanya tinggal mengarahkan dan membimbingnya.Akhirnya siswa dalam proses pembelajaran lebih bisa memahami Sebab langsung mengalaminya ( life skill ).
Kata kunci : Inovasi, kurikulum, dan ISMUBA

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Abdullah Kozin, M.A.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, PuspitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Kurikulum; Islam; Muhammadiyah; Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8519

Actions (login required)

View Item View Item