This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sriyati, Sriyati (2014) ANALISIS PENALARAN IMITATIF PADA SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Salah satu komponen kemampuan matematika adalah penalaran matematika. Ujian Nasional bertujuan untuk menguji kompetensi peserta didik. Kompetensi yang pokok salah satunya adalah penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penalaran yang diperlukan dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional (UN) Matematika SMP/MTs tahun pelajaran 2010/2011, 2011/2012 dan 2012/2013. Kajian tersebut menggunakan kerangka kerja Lithner, dimana penalaran diklasifikasikan ke dalam dua kriteria yaitu Imitative Reasoning dan Creative Reasoning.
Pendakatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedang jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun jenis deskriptif yang digunakan adalah studi kecenderungan yang pada dasarnya meramalkan penalaran pada soal-soal Ujian Nasional dan strategi yang digunakan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional selanjutnya. Metode analisisnya didasarkan pada hasil analisis pada tabel rubrik penilaian soal Ujian Nasional kategori memorized reasoning (MR) dan algoritmic reasoning (AR) oleh peneliti dan 5 guru SMP Negeri. Analisis dilakukan dengan cara mengklasifikasi soal dan penyortiran solusinya kepada dua tipe penalaran MR dan AR.
Hasil penelitian sebanyak 39 soal yang termasuk tipe penalaran imitative reasoning (IR), dengan komposisi 37 soal yang termasuk kedalam tipe penalaran algoritmic reasoning dengan persentase 92,5%, 2 soal yang termasuk kedalam tipe penalaran memotized reasoning dengan persentase 5% dan sebanyak 1 soal yang termasuk kedalam tipe penalaran local creative reasoning dengan persentase 2,5% . Dengan demikian, soal Ujian Nasional termasuk kategori mudah, karena didominasi soal dengan tipe Imitative Reasoning. Strategi yang diperlukan dalam menyelesaikan Ujian Nasional adalah strategi drill.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Kusaeri | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||
Keywords: | Penalaran Matematika; Ujian Nasional; Imitative Reasoning | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2015 08:57 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 08:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/854 |
Actions (login required)
View Item |