This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khotimah, Husnul (2010) فعالية طريقة قوانتوم ميموري سستم لارتفاع قوة التذكرة لمفردات اللغة العربية لطلاب الفصل التاسع بالمدرسة المتوسطة الاسلامية المنيرة أوجونج بانكة كرسيك. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Husnul Khotimah_D02205068.pdf Download (4MB) |
Abstract
Proses belajar tidak akan terlepas dari proses mengingat, baik disadari atau tidak, seperti halnya suatu rekaman, segala sesuatu yang terjadi yang akan dikerjakan dan yang melibatkan segala aspek kehidupan.mengingat adalah hal yang sulit, untuk belajar dan menghafal diperlukan usaha. Namun proses belajar tidak akan ada hasilnya apabila kita tidak mampu mengingat. Tanpa memori, dalam menghadapi setiap situasi, seolah-olah kita belum pernah mengalaminya. Kemampuan kita berargumentasi dan membuat pertimbangan juga ditentukan oleh berapa banyak fakta yang mampu kita simpan di dalam ingatan.
Metode Quantum memory system adalah suatu cara dan memperkuat daya ingat, serta cara mengaitkan antara berbagai hal dengan menfungsikan kedua belahan otak dengan keseimbangan otak kanan dan kiri. Dalam penerapannya metode ini mempunyai beberapa metode diantaranya: metode loci, metode kata penanda, metode kata kunci, metode menghubungkan, metode akronim, metode akrostik, metode rima dan jingle. Dengan metode Quantum memory system ini, siswa dapat lebih cepat mengingat materi-materi yang diberikan oleh guru dan siswa tidak merasa bosan dan lebih menaruh perhatian. Dengan kondisi psikologis yang enjoy dan memiliki interest yang tinggi, maka daya ingat siswa akan meningkat.
Yang dimaksud dengan daya ingat siswa adalah kemampuan siswa dalam proses mental yang meliputi pengkodean, penyimpanan dan pemanggilan kembali informasi dan pengetahuan yang semuanya berpusat pada otak, pada materi pembelajaran mufrodat. Oleh karena itu, metode Quantum memory system adalah sebuah cara yang tepat untuk diterapkan. Skripsi ini meneliti tentang efektifitas metode Quantum memory system dalam meningkatkan daya ingat mufrodat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat membandingkan dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui interview, angket, dokumentasi dan tes. Untuk menguji keampuhan Instrumen dilakukan dengan Uji Validitas dan Realibilitas dan Teknik Doeble Test Double Trial Method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji t (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara daya ingat mufrodat bahasa arab siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok Eksperimen dari 7,84 (Pre Test) menjadi 8,70 (Post Test) dan kelompok kontrol dari 7,46 (Pre Test) menjadi 7,76(Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,94. dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 3,13. angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,65 (2,00 3,13 2,65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Quantum Memory System sangat efektif dalam meningkatkatkan daya ingat mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas IX Mts al-Muniroh ujung pangkah gresik .
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||||
Keywords: | Quantum Learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2021 08:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8577 |
Actions (login required)
View Item |