Perbedaan prestasi belajar bidang studi bahasa Inggris ditinjau dari gaya belajar: visual, auditorial dan kinestetik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifianasari, Lina (2010) Perbedaan prestasi belajar bidang studi bahasa Inggris ditinjau dari gaya belajar: visual, auditorial dan kinestetik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Individu yang mengetahui gaya belajarnya, maka akan lebih mudah menerima dan memproses materi yang diberikan. Apalagi jika ditunjang dengan penggunaan metode yang tepat yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materi. Dan hal itu akan memberikan pengaruh pada prestasi belajar seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik). Untuk mengetahui masing-masing gaya belajar siswa, ada beberapa karakteristik yang digunakan sebagai acuan untuk membedakan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dari penelitian ini berjumlah 148 siswa yang diambil secara acak dari 6 kelas di kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket yang digunakan untuk mengetahui dan membedakan gaya belajar masing-masing siswa. Dan uji hipotesisnya menggunakan teknik uji Kruskal-Wallis. Hasil dari analisis data diperoleh hasil taraf signifikansi 0.948. Berdasarkan hasil tersebut maka 0.948 0.05, karena signifikansi lebih besar dari 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar bidang studi Bahasa Inggris ditinjau dari gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik). Dari hasil uji tersebut juga diketahui bahwa ada 41 siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan Mean Rank sebesar 75.28, sedangkan jumlah siswa yang memiliki gaya belajar auditorial adalah sebesar 88 siswa dengan Mean Rank sebesar 74.77, dan ada 19 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan Mean Rank sebesar 71.58. Karena hasil penelitian ini tidak ada perbedaan prestasi belajar bidang studi Bahasa Inggris ditinjau dari gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik), maka pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dalam penelitian ini dan sekaligus mengambil atau menambah variabel lain, seperti minat belajar, gaya mengajar, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifianasari, Lina--UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Psikologi > Self Regulated Learning
Keywords: Gaya belajar; learning style; prestasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2010
Last Modified: 05 Mar 2018 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8614

Actions (login required)

View Item View Item