This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fatonah, Fatonah (2010) Kemandirian pada anak Tuna Grahita: studi kasus di kawasan Jambangan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (485kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemandirian anak tuna grahita setelah mendapatkan pelatihan bina diri, subyek yang merupakan anak penyandang tuna grahita sedang dan bersekolah di SLB Putra Mandiri Surabaya. Penellitian ini dilakukan dengan tujuan: Pertama, untuk mengetahui latar belakang serta keadaan sosial subyek. Kedua, untuk mengetahui bentuk-bentuk kemandirian subyek sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan bina diri. Ketiga, untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian subyek. Keempat, untuk memahami kondisi psikis subyek sesudah mendapatkan pelatihan bina diri. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus intrinsik, dengan penelitian kualitatif sampel dan sumber data yang dipilih adalah snow ball atau chain sampling. Dan metode analisis data mengacu pada analisis induktif yang mengikuti Patton yakni dimulai dari wawancara khusus, kemudian memunculkan tema-tema, lalu kategori-kategori dan pola hubungan diantara kategori tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa kemandirian pada anak tuna grahita terjadi dengan latar belakang setting sosial yang kurang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemadirian subyek juga cukup beragam, baik itu faktor dari dalam maupun dari luar, mulai dari pihak orangtua yang memberikan perhatian serta pemahaman khusus terhadap kondisi subyek serta adanya usaha home program yang dilakukan oleh orangtua subyek di rumah, dari pihak sekolah memberikan pelatihan bina diri yang dapat membantu terwujudnya kemandirian pada anak tuna grahita. Berdasarkan hasil penelitian disaranakan bagi orang tua yang mempunyai anak penyandang tuna grahita, agar menyekolahakan anaknya di sekolah luar biasa supaya mendapatkan pelatihan bina diri. Dengan begitu diharapkan kelak ketika dewasa menjadi pribadi yang mandiri dan kreatif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Psikologi > Tuna Grahita | ||||||||
Keywords: | Kemandirian; Tuna Grahita; Bina Diri | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:43 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8638 |
Actions (login required)
View Item |