Level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk Soal Cerita pada materi garis dan sudut di kelas vii smp negeri 4 surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'an, Muhammad Ilman (2010) Level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk Soal Cerita pada materi garis dan sudut di kelas vii smp negeri 4 surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes,dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Pada proses pembelajaran terdapat kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan terdapat Membahas pekerjaan rumah (PR) yang belum dipahami oleh siswa. Guru mengingatkan kepada siswa tentang garis dan sudut dalam kehidupan sehari hari.Guru memotivasi siswa dengan mengatakan sesuatu yang membuat siswa berpikir dan pemecahannya memerlukan konsep garis dan sudut. Pada kegiatan inti Guru menjelaskan pada siswa bahwa sudut merupakan pertemuan dua garis yang berpotongan biasanya disebut juga dengan isi. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan siswa melalui Lembar kerja siswa (LK) Guru menjelaskan peraturan-peraturan bekerja dalam kelompok. Dan mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar. Pada kegiatan penutup berupa penilaian dan refleksi dan memberikan tugas ( PR ) dan latihan lanjutan kepada siswa. Kemampuan memahami masalah Pada level 1 dan 2 Siswa Tidak bisa menyelesaikan masalah karena tidak bisa memodelkan dan tidak paham akan konsep sehingga tidak mengetahui apa yang ditanyakan dalam soal. Tetapi pada level 3 siswa mampu menyelesaikan masalah karena bisa memodelkan dan paham akan konsep Kemampuan Merencanakan Penyelesaian Pada level 1 dan 2 siswa sudah mampu menentukan sketsa dari masalah yang diberikan, mampu memodelkan tetapi tidak mampu melanjutkan pengerjaan dengan sketsa yang telah dibuat untuk diterapkan dalam menyelesaikan masalah. Pada level 3 siswa sudah mampu menentukan sketsa dari masalah yang diberikan, mampu memodelkan tetapi dan mampu melanjutkan pengerjaan dengan sketsa yang telah dibuat untuk diterapkan dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan Melaksanakan Rencana Penyelesaian Pada level 1 dan 2 siswa tidak sudah mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan strategi penyelesaiannya dengan menggunakan langkah-langkah yang benar dan proses penghitungan tiap langkah juga benar. Pada level 3 Siswa mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan strategi penyelesaiannya dengan menggunakan langkah-langkah yang benar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'an, Muhammad Ilman--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pengajaran
Keywords: Pemecahan Masalah; Soal Cerita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 11 Sep 2022 12:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item