This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ulum, Misbakhul (2010) Analisis kualitas soal pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing pada materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII-A MTs Negeri Bangsal Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Pada saat ini sering dijumpai pembelajaran yang masih didominasi guru. Guru masih
senang mengajar dengan pola pembelajaran konvensioanal dan sedikit sekali melakukan
pembelajaran dengan metode-metode tertentu (problem posing) yang lebih kreatif dan
inovatif. Pembelajaran secara konvensional atau pembelajarn yang kurang menarik di
pandang oleh siswa kurang memperhatikan aspek kemampuan siswa dan juga kurang
memberikan kontribusi bagi pengembangan pemahaman dan penalaran berfikir siswa.
Pendekatan pembelajaran problem posing merupakan salah satu strategi yang paling
mutakhir untuk meningkatkan daya kreativitas dan mendorong siswa untuk berpikir lebih
kretif. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas soal yang
telah disusun siswa pada pembelajaran melalui pendekatan problem posing pada materi
persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi dokumentasi.
Sedangkan sumber data adalah siswa kelas VIII-A MTs Negeri Bangsal Mojokerto.
Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 11 dan 12 Desember 2009 yang berjumlah 40
siswa dan dibawai oleh Bapak Hasan Tukiran. Secara keseluruhan soal yang telah disusun
siswa adalah 160 soal, dengan perincian kriteria kaulitas soal baik 64 % (103 soal) dan
kualitas tidak baik ada 36% (57 soal).
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan kepada semua pendidik supaya
memperhatikan aspek kemampuan berpikir yang ada dalam diri siswa, karena dengan
pembelajaran melalui pendekatan problem posing dapat meningkatkan proses pembelajaran
matematika dan meningkatkan daya kreativitas siswas serta siswa juga lebih aktif dalam
proses pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Problem Posing; Kualitas soal | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2018 09:00 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8734 |
Actions (login required)
View Item |