Konstruksi konsep Geometri pada siswa Kelas III SD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Athiyatus (2010) Konstruksi konsep Geometri pada siswa Kelas III SD. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Siswa kesulitan dalam proses pembelajaran matematika dan menjadikan pelajaran tersebut masuk daftar pelajaran yang membosankan dan sulit dipahami. Hal tersebut dikarenakan selama ini guru lebih menekankan pada proses pembelajaran menghafal, sehingga siswa tidak mampu memahami kosep-konsep matematika. Padahal pemahaman konsep merupakan dasar dan tahapan penting dalam rangkaian pembelajaran matematika. Menurut Dahar (1988:95), konsep merupakan dasar bagi proses mental yang lebih tinggi untuk merumuskan prinsip-prinsip dan generalisasi-generalisasi. Penekanan utama pembelajaran matematika yang baik adalah bagaimana agar siswa mengerti konsep-konsep matematika dengan lebih baik. Untuk itu peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam memahami konsep persegi, persegi panjang dan segitiga. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti mengamati aktifitas siswa selama proses pembelajaran yang dilanjutkan dengan wawancara. Dari dua kegiatan yang dilakukan selanjutnya peneliti menganalisis data yang telah terkumpul, mereduksi data, mengelompokkan dan mengkategorikannya sesuai dengan teori Van Hiele dan Bruner dan terakhir memeriksa yang telah dianalisis.
Penelitian ini dilakukan pada dua siswa sebagai subjek penelitian. Proses berpikir subjek pertama dimulai dari persepsi awal tentang bentuk persegi, persegi panjang dan segitiga yang belum tepat. kemudian mulai memahami pengertian sisi, sudut dan titik sudut. Menentukan sisi, sudut dan titik sudut pada peraga bangun; mengidentifikasi sifat-sifat pada bangun, mengklasifikasi bangun berdasarkan ciri fisik, mengklasifikasi bangun berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki hingga akhirnya mampu menggambarkan bentuk masing-masing bangun berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki bangun tersebut. Sedangkan pada subjek kedua, tahapan berpikir subjek dimulai dari pengetahuan awal subjek tentang beberapa nama dan gambar bangun, kemudian pengertian sementara tentang sisi, sudut dan titik sudut; menentukan besar sudut dengan busur derajat, memahami perbedaan sudut dan titik sudut, mulai mengidentifikasi sifat-sifat pada bangun dan akhirnya dapat menentukan jenis-jenis bangun berdasarkan sifat yang melekat pada bangun tersebut meskipun dengan bimbingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Athiyatus--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Konstruksi; konsep; atribut; sisi; sudut; titik sudut; teori Van Hiele dan Bruner
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 10 Oct 2018 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8737

Actions (login required)

View Item View Item