This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
A'yun, Qurrota (2010) PROYEK DAN INVESTIGASI PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DIKELAS XI IPA 3 SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
sekripsi.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Beberapa orang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang menekankan pada siswa untuk menghafal serta membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya.
Walaupun banyak juga orang yang mengakui manfaat matematika yang telah dirasakan dalam kehidupan. Untuk mengatasi hal ini, guru bisa melibatkan siswa secara langsung dan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Salah satu upaya guru yaitu dengan
menggunakan metode proyek dan investigasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penggunaan metode
proyek dan investigasi pada materi statistika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptifkuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 siswa.
Rancangan dalam penelitian ini adalah one-shot-case study. Metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket.
Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa,
dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran.Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapatkan hasil sebagai berikut : aktivitas
siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif, kemampuan guru dalam mengelolapembelajaran dikategorikan baik, respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, dan
ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas. Dari empat aspek yangdiamati, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode proyek dan investigasi dikelas XI IPA3 SMA Wachid Hasyim 2 Taman dapat dikatakan efektif.
Kata kunci : Efektivitas pembelajaran, metode proyek dan investigasi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Metode Proyek, Investigasi. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 09:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8740 |
Actions (login required)
View Item |