Penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi Pecahan Kelas VII SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatayati, Hera Wardani (2010) Penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan peta konsep untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi Pecahan Kelas VII SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran dipelajari siswa dijenjang pendidikan formal mulai dari tingkat SD sampai SMA. Guru perlu mencari pendekatan pembelajaran yang bisa membangkitkan motivasi belajar siswa yaitu dalam teori belajar bermaknanya dari David Ausubel adalah Advance Organizer. Advance Organizer ini merupakan alat yang dapat menjembatani informasi atau ide baru denganmateri yang telah diterima oleh siswa. Dalam penerapannya Aavance Organizer ini juga dibantu dengan peta konsep. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP NEGERI 3 Taman Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah.(1) mengetahui aktifitas siswa selama menggunakan model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep pada materi pecahan. (2) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran advance organizer dengan peta konsep pada materi pecahan.(3) mengetahui penerapan model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep pada materi pecahan terhadap ketuntasan belajar siswa.(4) mengetahui respon siswa setelah kegiatan pembelajaran advance organizer dengan peta konsep pada materi pecahan. Data penelitian ini adalah data kualitatif digunakan untuk menjawab aktifitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta respon siswa sedangkan data kuantitatif digunakan untuk ketuntasan belajar siswa Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa untuk aktifitas siswa aktif sebesar 80,45% dan aktifitas tidak aktif sebesar 19,60%. Untuk kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran 3,34%. Untuk ketuntasan belajar siswa dikatakan tuntas secara klasikal sebesar 86,2%. Sedangkan untuk respon siswa dikatakan positif sebesar 83,06% lebih

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatayati, Hera Wardani--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran advance organizer; peta konsep; ketuntasan belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 10 Oct 2018 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8745

Actions (login required)

View Item View Item