This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salam, Abdus (2014) MODEL PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) YANG RELEVAN UNTUK KURIKULUM 2013. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penulisan tesis ini untuk mengembangkan model penilaian dari kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI sehingga menghasilkan model penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dari tiga aspek yakni pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model penilaian tersebut diantaranya penilaian tes tulis, penilaian penugasan, penilaian tes lisan, penilaian observasi, penilaian diri, penilaian proyek, penilaian praktik, penilaian portofolio dan penilaian jurnal.
Metode yang digunakan pada tesis ini adalah research and development, dimana penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa pembuatan model penilaian yang mengacu pada Permendikbud 81A dan dikembangkan pada mata pelajaran PAI sehingga dihasilkan prototype baru.
Kegiatan yang dilakukan pada penelitian ini dimulai pembuatan draft awal, dilanjutkan validasi oleh praktisi dan diperoleh hasil akhir dari proses validasi. Sedangkan untuk uji cobanya dilakukan mulai dari uji coba perorangan hingga uji coba terbatas.
Dari hasil penelitian ini, diperoleh model penilaian baru pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Shalat, namun masih perlu perbaikan lagi. Dalam proses pelaksanaan validasi tidak semua guru memahami model penilaian ini. Oleh sebab itu, jika lembaga pendidikan ingin menerapkan model penilaian ini maka harus menggunakan kurikulum 2013 secara keseluruhan agar hasil dari penilaian ini lebih optimal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Kusaeri | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Keywords: | Penilaian Pendidikan; Pengetahuan; Sikap; Keterampilan; Kurikulum 2013; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2015 02:51 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2015 02:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/881 |
Actions (login required)
View Item |