This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anwar, Syamsul (2011) Peran pengurus PAC IPNU-IPPNU Gedangan Kabupaten Sidoarjo dalam pengembangan pendidikan agama Islam nonformal bagi anggota yang putus sekolah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (178kB) |
||
|
Text
bab1.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
organisasi adalah suatu wadah atau setiap bentuk perserikatan kerjasama manusia (didalamnya) ada struktur organisasi, pembagian tugas (hak dan tanggungjawab) untuk mencapai suatu tujuan bersama. Tujuan dari organisasi mencakup beberapa fungsi diantaranya yaitu memberikan pengarahan dengan cara menggambarkan keadaan masa akan datang yang senantiasa berusaha dikejar dan diwujudkan oleh oraganisasi. Begitupula dengan IPNU-IPPNU, IPNU-IPPNU adalah organisasi kepemudaan dan juga bagian dari generasi muda Indonesia yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan negara Republik Indonesia dan merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya dan cita-cita perjuangan Nahdlatul Ulama serta cita-cita bangsa Indonesia. Dalam skripsi ini, peneliti mendiskripsikan tentang peran PAC.IPNU-IPPNU Gedangan dalam pengembangan pendidikan agama islam Nonformal bagi anggota yang putus sekolah, dan pokok dari pembahasan itu meliputi: 1). Tingkat putus sekolah di IPNU-IPPNU Gedangan, 2) peran PAC. IPNU-IPPNU Gedangan dalam pengembangan pendidikan agama islam Nonformal, 3) upaya PAC. IPNU-IPPNU Gedangan dalam pengembangan pendidikan agama Islam Nonformal. Dalam mengkaji tentang skripsi ini, peneliti melakukan kajian secara teoritis tentang gerakan IPNU-IPPNU, meliputi: 1). Tinjauan umum tentang Organisasi, 2) Sejarah lahirnya IPNU-IPPNU, 3). Konsep Pendidikan Nonformal, meliputi: 1). Latar belakang pendidikan Nonformal, 2).definisi dan peran pendidikan Nonformal,dan 3). Tugas pokok pendidikan nonformal. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat diperoleh kesimpulan, bahwa usaha yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU Gedangan dalam Terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah swt., berilmu, berakhlaq mulia, dan berwawasan kebangsaan serta bertanggung jawab atas tegaknya syariat Islam menurut faham Ahlussunnah wal Jama’ah bagi generasi muda terutama bagi anggota yang putus sekolah melalui pendidikan Nonformal sangatlah diperlukan, karena dengan adanya pendidikan nonformal para anggota yang putus sekolah dapat kembali menimbah ilmu pengetahuan khususnya ilmu agama Islam. Serta dengan adanya prgram ini dapat meminimalisir dari kegiatan negatif. Dari semua peran yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU Gedangan merupakan usaha untuk membina dan meningkatkan pendidikan dan kebudayaan islam bagi anggota yang putus sekolah. Rekomendasi yang di ajukan peneliti adalah, IPNU-IPPNU diharapkan menjadi penerus perjuangan yang benar-benar berjuang mewujudkan kejayaan ummat Islam, khususnya warga Nahdliyin Semua itu untuk mencapai satu tujuan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT sebagaimana motto IPNU & IPPNU belajar, berjuang, dan bertaqwa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Keywords: | Organisasi; IPNU-IPPNU; Pendidikan Nonformal | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2011 | ||||||
Last Modified: | 26 Jul 2018 03:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8811 |
Actions (login required)
View Item |