This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Musfiroh, Lailatul (2016) Peningkatan kemampuan memahami mufradat mata pelajaran Bahasa Arab melalui model Make A Match siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (973kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (839kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan bahwa kemampuan memahami mufradat siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo masih sangat kurang. Berdasarkan hasil pra siklus dari 31 siswa hanya 8 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sedangkan 23 lainnya masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena pendekatan yang digunakan ketika proses pembelajaran adalah Teacher Center, sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran dan menghambat pemahaman siswa. Oleh sebab itu untuk meningkatkan pemahaman mufradat siswa peneliti menggunakan model make a match. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model make a match dalam rangka meningkatkan pemahaman mufradat mata pelajaran bahasa Arab di kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo?. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman mufradat mata pelajaran bahasa Arab setelah diterapkan model make a match di kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menurut model Kurt Lewin. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes tulis dan non tes berupa produk. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa berdasarkan rumus yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model make a match berlangsung dengan baik dibuktikan dengan hasil observasi guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 88% dengan kriteria baik. dan pada siklus II diperoleh persentase 95% dengan kriteria sangat baik. hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh persentase 85% dengan kriteria baik. dan hasil observasi siswa pada siklus II diperoleh persentase 92% dengan kriteria sangat baik. (2) pada pemahaman mufradat juga mengalami peningkatan pada kegiatan pra siklus mencapai rata-rata 61,00 menjadi 68,36 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 88,74 pada siklus II. Begitu juga dengan persentase ketuntasan belajar kegiatan pra siklus 26,66% menjadi 60,34% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 91,66% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Model Make a Match; Kemampuan Memahami Mufradat | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | minchatul icha | ||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2016 07:13 | ||||||||
Last Modified: | 17 Dec 2019 07:36 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8861 |
Actions (login required)
View Item |