Peningkatan pemahaman materi kepengurusan Jamiyah NU pada Mata Pelajaran Aswaja melalui model pembelajaran Artikulasi pada Kelas IV MI Al Hidayah Budug Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Jauharotul (2016) Peningkatan pemahaman materi kepengurusan Jamiyah NU pada Mata Pelajaran Aswaja melalui model pembelajaran Artikulasi pada Kelas IV MI Al Hidayah Budug Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jauharotul Mufidah D07212010 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi olehkurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran Aswaja materi kepengurusan Jamiyah Nahdlatul Ulama pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Budug Peterongan Jombang terdapat 41, 37 % atau 12 siswa dari 29 jumlah siswa yang mendapatkan nilai pada kriteria ketuntasan minimal yaitu 70, yang disepakati oleh Kelompok Kerja Madrasah di Kecamatan Peterongan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahuipenerapan model pembelajaran Artikulasi untuk meningkatkan pemahaman materi kepengurusan jamiyah NU pada kelas IV MI Al-Hidayah Budug Peterongan Jombang. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran siswa tentang pemahaman materi kepengurusan Jamiyah NU melalui model pembelajaran Artikulasi pada kelas IV MI Al-Hidayah Budug Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunkan pendekatan penelitian tindakan kelas (ClassroomAction) dengan menggunakanmodel Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitutahap perencanaan (Planning), Tahap pelaksanaan tindakan (Acting), tahap pengamatan (Observation) dan yang terakhir refleksi (Reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Al-Hidayah Budug Peterongan Jombang tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 29 terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pada penelitian ini di butuhkan 2 siklus untuk mendapatkan hasil belajar yang telah di tetapkan yaitu, 85% dari jumlah siswa harus tuntas dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar Aswaja denganmodel pembelajaran Artikulasi yang telah memenuhi KKM ada 18 siswa atau 62% dari 29 jumlah siswa. Hasil yang diperoleh pada siklus I belum mencapai 85%, yang telah ditentukan. Maka dilakukan refleksi pada siklus I untuk melanjutkan ke siklus ke II. Hasil belajar siswa pada siklus II yang telah memenuhi KKM ada 26 siswa atau 89,6%dari 29 jumlah siswa. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Artikulasi dalam pembelajaran Aswaja materi kepengurusan Jamiyah Nahdlatul Ulama pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Budug Peterongan Jombang telah memenuhi KKM 85% dan dapat dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Jauharotulveeda.jm@gmail.comD07212010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Ideologi Islam
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pemahaman materi; Jamiyah Nu; Aswaja; pembelajaran artikulasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufidah Jauharotul
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:29
Last Modified: 31 Jul 2023 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8868

Actions (login required)

View Item View Item