FA'ALIYAH ISTIKHDAM AL LU'BAH AL LUGHAWIYAH "RIDDLES" LITARQIYAH MAHARAH AL KALAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH LITHULLAB AL FASHL VIII BIMADRASAH SUNAN GIRI AL MUTAWASHITHAH AL ISLAMIYAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Laili (2016) FA'ALIYAH ISTIKHDAM AL LU'BAH AL LUGHAWIYAH "RIDDLES" LITARQIYAH MAHARAH AL KALAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH LITHULLAB AL FASHL VIII BIMADRASAH SUNAN GIRI AL MUTAWASHITHAH AL ISLAMIYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Salah satu permainan bahasa yang dianggap menarik dalam belajar bahasa Arab adalah Riddles. Permainan ini merupakan suatu cara pembelajaran yang mewajibkan siswa untuk belajar banyak bicara dan banyak kosakata. Disamping itu siswa akan lebih semangat, saling mengenal antara lainnya serta meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan “ Riddles” untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8A Mts Sunan Giri Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pretes dan posttes dengan interview, observasi, dokumentasi, angket. Pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan metode permainan “ Riddles” ini mendapat sambutan baik dari siswa kelas 8A. Namun disisi lain sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan kosa kata yang berhubungan dengan materi, agar siswa tidak menanyakan terus menerus disaat siswa sudah mulai berlatih untuk bericara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan bahasa Riddles terbukti efektif hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti sebagaimana berikut: hasil penguasaan mufradat siswa kelas VIIIA bertema profesi dengan menggunakan hitungan persen, sebelum menggunakan permainan bahasa riddles seluruh siswa kelas VIIIA kurang baik, setelah menggunakannya 31% baik sekali, 59% baik dan 10% kurang baik. Sedangkan hasil maharah kalam dengan menggunakan rumus T test yang menunjukkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel dengan nilai positif (28.000 > 2.048) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan signifikan probabilitas data lebih kecil dari derajat alfa (kesalahan) yaitu 0.00 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya pengggunaan permainan bahasa efektif untuk meningkatkan keterampilan barbicara dalam pembelajaran bahasa arab bertema profesi terhadap siswa kelas VIII/A Mts Sunan Giri Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Laililelyfauzy88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Keterampilan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fauziah Laili
Date Deposited: 16 Aug 2016 07:34
Last Modified: 16 Aug 2016 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item