This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alfiyah, Siti (2011) FA'ALIYAH TATBIQ ISTIRATIJIYAH ASYROFIYAH AL KITABAH (GUIDED NOTE TAKING) NAHWA TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH LI TARQIYAH MAHARAH AL KITABAH FI AL FASHL AL TSANI BI AL MADRASAH AL TSANAWIYAH BAHAUDDIN SEPANJANG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
pustaka.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 yang disempurnakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 setiap individu memiliki potensiyang harus dikembangkan. Maka proses pembelajaran yang relevan ialah yangmampu menggali potensi anak didik agar selalu kreatif dan berkembang. Upayainilah yang senantiasa diupayakan oleh Tim Guru MA Bahauddin, terbukti sejak awal tahun 2008 lalu, mulai menerapkan berbagaistraategi pembelajaran baru, termasuk strategi yangberbasis(Aktive Learning).
Salah satu dari pembelajaran berbasis siswa aktif (active learning) adalah strategi Guide Note Taking. Strategi inilah yang selanjutnya akan penyusun teliti dalam skripsinya yang berjudul Efektifitas penerapan strategi guided notetaking dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 2 aliyah di madrasah Aliyah bahauddin sidoarjo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektfitas strategi Guided NoteTaking dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok eksperimen(kelompok yang menggunakan strategi Guided Not Taking dalam pembelajaranBahasa arab) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan strategi Guided Note Taking dalam pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab) pada siswa kelas 2 aliyah di Bahauddin sidoarjo.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode uji coba, observasi , angket dan tes. Untuk analisis dengan analisis Statistik Uji t (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antarapeningkatan kemampuan koknitif siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompokEksperimen dari 6,6 (Pre Test) menjadi 7,7 (Post Test) dan kelompok kontrol dari6,7 (Pre Test) menjadi 6,7 (Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansisebesar 0,675. Dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 6,8. Angka inijauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,05 dan tarafsignifikansi 1% yaitu 2,77(2,05 6,8 2,77).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Guided NoteTaking cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa Kelas 2 madrasah aliyah bahauddin supanjang sidoarjo.
Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjutoleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai varias-variasi baru strategipembelajaran Bahasa Arab.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab | ||||||
Keywords: | Bahasa Arab; Kurikulum | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2011 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2015 03:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9029 |
Actions (login required)
View Item |