This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmatin, Ainur (2011) PENERAPAN PERMAINAN BAHASA SCRABBLE UNTUK MENAMBAH KOSAKATA ARAB PADA SISWA MA. MANBAIL FUTUH TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa model pembelajaran aktif dengan menggunakan permainan bahasa scrabble sangat efektif untuk meningkatkan kosakata arab pada siswa khususnya bagi siswa kelas X di Madrasah Aliyah Manbail Futuh Tuban. Karena dalam permainan scrabble ini siswa ikut berperan aktif dalam proses kegiatan belajar dan juga memberi motivasi bagi siswa. Di samping itu dengan adanya permainan bahasa ini murid tidak merasa bosan dengan kegiatan belajar. Tujuan utama dari pembelajaran menggunakan permainan scrabble yaitu untuk menambah kosakata arab pada murid dan meningkatkan ketrampilan berbahasa (Istima, Kalam, Qiro'ah dan Kitabah).
Penelitian ini dilaksanakan di MA. Manbail Futuh Tuban pada bulan mei sampai selesai, pada saat pembelajaran bahasa arab dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas X MA Manbail Futuh Tuban.
.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pola penelitian Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode wawancara digunakan untuk mengetahui sejarah berdirinya sekolah dan kurikulum yang diterapkan. metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran.
Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapatkan hasil sebagai berikut : Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, hal ini dikarenakan prosentase jawaban siswa yang menjawab ya lebih besar daripada yang menjawab tidak dengan prosentase sebesar 47,87%. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkanya permainan scrabble dinyatakan ada peningkatan pada kosakata siswa sebesar 8,03%. Dari empat aspek yang diamati, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permaianan scrabble di kelas X MA. MANBAIL FUTUH dikatakan baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Bahasa Arab; Metoda dan Sistem | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2011 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2015 08:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9041 |
Actions (login required)
View Item |