This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hutfiyati, Uul (2011) PENGARUH KURIKULUM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011 DI SMP NEGERI I MAGETAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pengadaan inovasi kurikulum oleh lembaga pendidikan dengan cara mengintegrasikan dengan konteks kekinian, salah satunya dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar kegiatan pembelajaran menjadi mutakhir sekaligus menyenangkan sehingga hasil belajar siswa menjadi memuaskan dan bermakna.
Ada tiga masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis TIK di SMPN 1 Magetan? (2) bagaimana hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011? (3) bagaimana pengaruh kurikulum berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMPN 1 Magetan?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 1 Magetan. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMP Negeri 1 Magetan.(3) untuk mengetahui berpengaruh tidaknya kurikulum berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMPN 1 Magetan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Untuk menentukan seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y, peneliti menggunakan rumus regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kurikulum berbasis TIK di SMPN 1 Magetan dapat dikategorikan baik, terbukti dengan perolehan rata-rata prosentase sebesar 95.4% (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan kurikulum berbasis TIK dinilai baik, hal ini terbukti dengan rata-rata nilai akhir siswa adalah 74.2, hal ini bisa dikategorikan baik dan telah melampaui KKM yang telah ditentukan, yakni 70. (3) dari persamaan regresi Y = 24.6 + 1.30X diketahui ada hubungan yang linear antara pelaksanaan kurikulum berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMPN 1 Magetan. Dari perhitungan koefisien determinasi ditemukan pengaruh sebesar 25.4% antara variabel X terhadap variabel Y.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Keywords: | Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 26 Feb 2015 08:02 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9063 |
Actions (login required)
View Item |