Inovasi kurikulum Total Quality Management (TQM) di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nur (2011) Inovasi kurikulum Total Quality Management (TQM) di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil judul Inovasi Kurikulum Total Quality Management (TQM) di SMA Khadijah Surabaya. Latar Belakang penelitian ini adalah peningkatan mutu pendidikan bukanlah upaya yang sederhana, melainkan suatu kegiatan dinamis dan penuh tantangan. Pendidikan akan terus berubah seiring dengan perubahan zaman yang melingkarinya sebab pendidikan merupakan buah dari zaman itu sendiri. Oleh karena itu, pendidikan senantiasa memerlukan upaya perbaikan dan peningkatan mutu sejalan dengan semakin tingginya kebutuhan dan tuntutan kehidupan masyarakat. Total Quality Mangement (TQM) yang pada mulanya diterapkan pada dunia bisnis kemudian diterapkan pada dunia pendidikan. Strategi yang dikembangkan dalam penggunaan manajemen mutu terpadu dalam dunia pendidikan adalah institusi pendidikan memposisikan dirinya sebagai institusi jasa atau dengan kata lain menjadi industri jasa. Jasa atau pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan tentu saja merupakan sesuatu yang bermutu dan memberikan kepuasan kepada mereka. Untuk menjadi salah satu sekolah swasta terbaik di Surabaya tidaklah mudah. Namun kenyataanya, hal tersebut bisa diraih oleh SMA Khadijah Surabaya. Dan tentunya peran dari berbagai inovasi kurikulum yang telah dilakukan sangatlah menentukan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana inovasi kurikulum Total Quality Management (TQM) yang dilakukan di SMA Khadijah Surabaya (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam inovasi kurikulum Total Quality Management (TQM) di SMA Khadijah Surabaya. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (deskriptif kualitatif), adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa usaha yang dilakukan SMA Khadijah dalam inovasi kurikulum Total Quality Management (TQM) adalah dengan melakukan berbagai upaya yang dalam hal tersebut dapat dilihat dalam EDS (Evaluasi Diri Sekolah). SMA Khadijah Surabaya berusaha mengembangkan kurikulum yang ada dengan kurikulum adaptif yang salah satunya mengacu pada Cambridge University. Faktor pendukung inovasi kurikulum Total Quality Management (TQM) yang dilakukan SMA Khadijah Surabaya adalah pemberdayaan dan pelibatan semua unsur dan semua komponen kurikulum yang ada di sekolah dengan tujuan bahwa sekolah dapat memberikan kepuasan kepada siswa, orang tua, dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat inovasi kurikulum dalam upaya peningkatan mutu Total Quality Management (TQM) di SMA Khadijah Surabaya terletak pada SDM Guru. Hal tersebut dikarenakan pagu atau standar yang perlu dicapai untuk SMABI pada aspek guru SMA Khadijah Surabaya masih mencapai 26%. Dalam artian 26% guru SMA Khadijah Surabaya bergelar S2. Sedangkan pagu atau standar yang perlu dicapai untuk SMABI aspek guru adalah 30% bergelar S2. Sehingga untuk menutupi kekurangan tersebut SMA Khadijah memanggil guru dari luar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Keywords: Inovasi Kurikulum; Total Quality Management (TQM)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2011
Last Modified: 27 Sep 2018 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item