This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bachri, Zainudin (2011) Studi komparasi tingkat keberhasilan dalam menghafal al-Qur'an berdasar latar belakang pendidikan yang berbeda di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Zainuddin Bachri_D31207024.pdf Download (1MB) |
Abstract
Al-Qur'an merupakan sebuah kitab yang berisikan segala apa yang ada di dalam dunia ini dan segala apa yang diinginkan oleh para umat manusia khususnya umat Islam. Namun para era sekarang Al-Qur'an hanya dijadikan sebatas penghias rumah semata, membacanya pun enggan sekarang padahal secara harfiah membaca Al-Qur'an merupakan suatu nilai ibadah yang lebih. Remaja sekarang ini lebih getol untuk membaca majalah, novel serta mempelajari lagu-lagu musik dari pada membaca Al-Qur'an dan belajar lagu-lagu Al-Qur'an. Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yaitu 1. Bagaimanakah tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur'an santri yang berlatar belakang pendidikan Agama ? 2. Bagaimanakah tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur'an santri yang berlatar belakang pendidikan Umum ? 3. adakah perbandingan tingkat keberhasilan menghafal Al-Qur'an antara santri yang berlatar belakang pendidikan Agama dengan santri yang berlatar belakang pendidikan Umum ? Berangkat dari fenomena yang ada peneliti ini peneliti arahkan kepada sasaran tentang keberhasilan dalam menghafal Al-Qur'an berdasar latar belakang pendidikan yang berbeda di pondok pesantren Madrasatul Qur'anTebuireng Jombang yang notabene berkonsentrasi penuh kepada pembelajaran ilmu-ilmu Al-Qur'an sekaligus menghafalkannya. Menghantarkan para santri dalam meraih keberhasilan dalam menghafal Al-Qur'an, Madarasatul Qur'an memeberikan fasilitas penunjang bagi para santri-santri yang menghafalkan Al-Qur'an. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif yang terdiri dari teknik observasi, teknik interview dan teknik dokumentasi Dari penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat komparasi (perbandingan) keberhasilan menghafal Al-Qur'an yang tidak signifikan dan positif antara santri yang berlatar belakang pendidikan Agama dengan santri yang berlatar belakang pendidikan Umum di Madrasatul Qur'an. Hal ini menunjukan bahwa latar belakang pendidikan yang ada tidak bisa dijadikan atau patokan utama dalam keberhasilan yang dicapai oleh para santri dalam menghafal Al-Qur'an, akan tetapi banyak faktor yang juga menentukan dari keberhasilan seseorang dalam menghafalkan Al-Qur'an. Semoga dengan adanya penelitian ini bisa lebih ditingkatkan lagi apa yang telah dicapai oleh para santri dalam hal Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pesantren |
||||||
Keywords: | Hafalan Qur'an; Keberhasilan Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 29 Apr 2019 04:08 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9079 |
Actions (login required)
View Item |