This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamzah, Nurdian (2011) Aktualisasi harga diri yang positif dalam membentuk akhlaqul karimah siswa di MTsN Bakalan Rayung Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (514kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Harga diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang memiliki peranan penting dan pengaruh besar terhadap perilaku dan sikap seseorang. Harga diri mulai terbentuk setelah anak lahir, ketika seorang anak mulai belajar berinteraksi dengan dunia luar yang ada di sekelilingnya. Interaksi tersebut menimbulkan pengertian tentang kesadaran diri, identitas, dan pemahaman diri seorang anak. Hal inilah yang akan membentuk penilaian individu anak terhadap dirinya sebagai orang yang berarti, berharga, dan menerima keadaan diri apa adanya. Pemenuhan tentang pengakuaan diri atau harga diri yang tidak disalurkan melalui cara yang positif akan menimbulkan sikap seorang anak yang gemar berkelahi, merokok, tawuran, minum minuman keras ataupun mengkonsumsi narkoba demi untuk memenuhi kebutuhannya tentang pengakuaan diri dari orang lain di sekelilingnya, tanpa memikirkan itu cara yang positif atau negatif.
Dari uaraian diatas, perlulah ada penelitian yang lebih mendalam tentang proses aktualisasi harga diri seorang anak yang dapat membentuk suatu sikap atau perilaku seorang anak menjadi lebih baik atau memiliki akhlaqul karimah sesuai yang diharapkan oleh orang tua dan guru.
Fokus Penelitian adalah bagaimana dampak dari aktualisasi harga diri yang positif dalam membentuk akhlaqul karimah siswa melalui proses pendidikan akhlaq di MTs. N Bakalan Rayung Jombang? Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan ditunjang studi kepustakaan yang ada.
Dalam penelitian ini analisis data menunjukkan bahwa koefisien determinasinya adalah r2 = 0.6392 = 0.408, hal ini berarti akhlaqul karimah siswa dengan melalui proses pendidikan akhlaq di MTs. N Bakalan Rayung Jombang dapat dipengaruhi oleh aktualisasi harga diri yang positif sebesar 40.8 % melalui persamaan regresi Y = 9.28 + 0.723 (86.1). Sisanya, 59.2 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak | ||||||
Keywords: | Harga Diri; Akhlaqul Karimah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 05 Apr 2018 07:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9083 |
Actions (login required)
View Item |