This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidah, Siti Nur (2011) Implementasi Jurnal Praktek Pendidikan Agama Terpadu dalam proses pendisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikanagama Islam di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Ada tiga permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penggunaan jurnal praktek pendidikan agama terpadu di SMA Negeri 1 Sidoarjo, (2) Bagaimana upaya pendisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Sidoarjo, (3) Bagaimana implementasi jurnal praktek pendidikan agama terpadu dalam proses pendisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 1 Sidoarjo.
Untuk mengetahui secara menyeluruh dan mendalam, dalam hal penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif yang berguna untuk menggambarkan keadaan obyek yang ada dan untuk mengetahui data mengenai jurnal praktek pendidikan agama terpadu, dan upaya pendisiplinan belajar siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) jurnal praktek pendidikan agama terpadu diterapkan dan dilaksanakan sebagai upaya ketertiban siswa dalam melaksanakan semua kegiatan keagamaan sekaligus sebagai alat komunikasi antar guru dan orang tua siswa serta menjadi alat pengontrol semua kegiatan keagamaan siswa yang dilakukan didalam kelas maupun di luar kelas (rumah). (2) upaya pendisiplinan belajar siswa yang mempunyai beberapa faktor yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan daya disiplin belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam, disiplin tidak akan datang begitu saja, ada beberapa faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa diantaranya adalah faktor diri sendiri, faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat.terdapat dua macam disiplin yaitu disiplin positif dan disiplin negatif. (3) implementasi jurnal praktek pendidikan agama terpadu dalam proses pendisiplinan belajar siswa, Implementasi semua kegiatan yang tertera dalam jurnal yang dilaksanakan oleh siswa dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab akan menjadikan sebuah pembiasaan dalam diri mereka pada semua kegiatan tanpa merasakan adanya paksakaan seperti halnya belajar. Kegiatan yang telah tersistem dan terencana akan membuat siswa menjadi teratur didalam membagi waktu. antara waktu mereka bersanta, waktu mereka belajar mata pelajaran umum, dan waktu mereka belajar mata pelajaran pendidikan agama islam tanpa adanya diskriminasi mata pelajaran dengan memberikan porsi yang seimbang pada setiap jenis mata pelajaran.hal ini dapat dilihat akan adanya penerapan dan pelaksanaan setiap kegiatan yang tertera dalam jurnal mampu mendayakan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam secara seimbang dan baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | J.P.P.A.T; Pendisiplinan Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 23 May 2018 04:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9089 |
Actions (login required)
View Item |