This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nur Laili, Anis (2016) FAALIYATUS TIKHDAM THARIQAH HANIFIDA LITARQIYATI KAFAATI AL MUFRADAT LADHA TULLAB SOFFI SABI'I 'A'BIMADRASAH SUNAN GIRI ALMUTHAWASSITHAH AL ISLAMIYYAH WONOSARI TEGAL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (950kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
Kosakata merupakan unsur yang terpenting dalam penguasaan bahasa Arab sedang menguasai kosakata yang ideal dalam tiap jenjang pendidikan merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh siswa. Dengan penguasaan kosa kata yang memadai maka tujuan dalam pembelajaran akan berhasil. Banyak sekali metode yang digunakan dalam pembelajaran kosakata diantaranya dengan metode Hanifida. Metode ini memfungsikan kedua belah otak kanan dan otak kiri di mana pengetahuan di bangun sedikit demi sedikit melalui visualisasi, imajinasi, cerita yang penuh dengan aksi dan terpaut erat dengan emosi yang di buat sendiri sesuai dengan konteks kehidupan nyata sehingga siswa diharapkan dapat cepat memahami kosakata yang telah diajarkan dan sulit lupa karna dalam proses pembelajaran siswa dibawa dalam suasana yang menyenangkan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui efektifitas metode Hanifida dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam miningkatkan mufradat. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana penerapan metode Hanifida dalam meningkatkan penguasaan kosa kata terhadap siswa kelas VII/A madrasah tsanawiyah sunan giri wonosari tegal surabaya, 2). Bagaimana penguasaan kosakata siswa kelas VII madrasah tsanawiyah Sunan Giri pada kelas yang menggunakan metode Hanifida dan pada kelas yang tidak menggunakan metode Hanifida, 3). Bagaimana efektifitas penerapan metode Hanifida dalam meningkatkan kemampuan kosakata terhadap siswa kelas VII/A madrasah tsanawiyah Sunan Giri wonosari tegal surabaya. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah : (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumen, (4) Angket, (5) Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Hanifida terbukti efektif hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus Ttest yang menunjukkan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel dengan nilai positif (6,087 > 2,026) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan signifikan probabilitas data lebih kecil dari derajat alfa (kesalahan) yaitu 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Pengggunaan metode Hanifida efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII/A MTS Sunan Giri Wonosari Tegal Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Metode Hanafida | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Laili Anis Nur | ||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2016 01:35 | ||||||
Last Modified: | 19 Aug 2016 01:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9092 |
Actions (login required)
View Item |