PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA TAMBAK REJO WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

M.Mubashir, M. Mubashir (2011) PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA TAMBAK REJO WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Suatu proses pembelajaran dapat berhasil jika didukung oleh pemilihan metode pembelajaran yang tepat, yang sesuai dengan karakteristik materi yang disampaikan dan juga adanya dukungan atau partisipasi dari siswa. Pembelajaran di kelas masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta diskusi kelompok. Kegiatan pembelajaran tersebut menyebabkan aktivitas siswa masih rendah dan tidak termotivasi untuk mengeluarkan pendapat. Demikian pada saat diskusi kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif sedangkan siswa yang lain ramai dan berbicara dengan temannya
Salah satu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pandangan kontruktivis adalah belajar bekerja sama. Belajar model ini mengunakan perilaku bersama dalam bekerja atau saling membantu di antara sesama dalam struktur kerja kelompok. Dewasa ini terdapat berbagai model pembelajaran kooperatif yang digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa karena guru mampu mengaktifkan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran LSQ Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Akhlak di MADIN Miftahul Huda Sidoarjo.. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan mengambil kelas III sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalah formula mean dan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang kuat antara penerapan strategi pembelajaran LSQ terhadap keberhasilan belajar mata pelajaran Akhlak, Hal ini terbukti dari yang diperoleh dengan menggunakan product moment dengan rata-rata 0,81. Bila dikonsultasikan dengan tabel signifikan 5% dan 1% maka dapat di lihat bahwa nilai r hasil penelititn lebih besar dari nilai r yang terdapat tabel product moment dan apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r tingkat pengaruh startegi pembelajaran snow balling terhadap keberhasilan pembelajaran mata pelajaran fiqih terbukti kuat atau tinngi. Sebab nilai 0,81 hasil penelitian berada diantara perhitungan 0,70– 0,90 yang berarti kategori kuat atau tinggi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
M.Mubashir, M. MubashirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran; LSQ;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2011
Last Modified: 10 Mar 2015 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9104

Actions (login required)

View Item View Item