Penggunaan Strategi Index Cart Matc untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI Darussalam Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutmainnah, Nur (2011) Penggunaan Strategi Index Cart Matc untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI Darussalam Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mutmainnah_D06207002.pdf

Download (846kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9214

Abstract

Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Strategi pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran , salah satunya adalah penerapan strategi index card matc. Dengan menerapkan strategi pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada strategi ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi index card matc dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas V semester genap tahun akademik 2010/2011 di MI. Darussalam Bangkalan. Baik Secara kuantitatif dan secara kualitatif (2) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi index card matc pada mata pelajaran bahasa arab, yang membahas tentang mufrodat dan qowa’id, telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan mengaplikasikan strategi index card matc

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutmainnah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Keywords: Motivasi; Strategi; Index Card Matc
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 08 Jul 2019 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item